Minggu, 5 Februari 2023

Pemkab Banyumas Pasang Running Text Harga Bahan Pokok di 13 Pasar Tradisional

Caption : Wakil Bupati Banyumas, Sadewo tengah mencoba makanan di pusat kuliner Pasar Manis Purwokerto, Selasa (24/1/2023) malam.(Dok Humas Pemkab Banyumas)

Guna mempermudah masyarakat mengetahui harga bahan pokok di pasar tradisional, Pemkab Banyumas memasang running text di 13 pasar. Selain itu, pemkab juga mensosialisasikan aplikasi Sigaokmas (Sistem Informasi Harga Pokok Banyumas).


Purwokerto, serayunews.com

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dinperindag) Kabupaten Banyumas, Titik Puji Astuti menjelaskan, running text yang berada di pasar tersebut nantinya akan memberikan informasi harga secara real time.

Selain itu, juga sebagai alat pendeteksi dini untuk pemerintah dalam membuat kebijakan, bila terjadi fluktuasi harga di pasar rakyat.

“Untuk running text yang sudah terpasang, sementara baru di Pasar Banyumas, Sokaraja, Manis, Larangan, Kemukusan, Jatilawang, Sangkalputung, Tambak, Pahing, Ajibarang, Wage, Pon dan Pasar Proliman,” ujar dia, Rabu (25/1/2023).

Sementara aplikasi Sigaokmas yang diluncurkan atas kerjasama Dinperindag dengan Dinkominfo Banyumas, merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memberikan perlindungan kepada konsumen dalam bebelanja.

Dalam aplikasi tersebut, juga ada informasi harga bahan makanan pokok di sejumlah pasar yang ada di Kabupaten Banyumas.

Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono mengungkapkan, dengan dipasangnya running text tersebut, dapat membantu masyarakat mengetahui harga terbaru dan komoditas yang dibutuhkan dengan mudah.

“Harga yang tertera bukan harga pasti, tetap ada proses tawar menawar seperti pada pasar tradisional umumnya,” kata dia.

Berita Terpopuler

Berita Terkini