Pemkab Gelontorkan Rp 1,3 M untuk Kartu Prakerja Purbalingga
Purbalingga

Pemkab Purbalingga Menggelontorkan Dana Rp 1,3 M untuk Program Kartu Prakerja

Bagikan:
Prakerja
Kepala Dinas Tenaga Kerja Purbalingga, Heriyanto, membagikan Kartu Prakerja, di aula BLK Purbalingga, Kamis (08/06/2023) lalu. (Foto: Kominfo Purbalingga)

SERAYUNEWS – Pemkab Purbalingga, menggelontorkan dana hingga Rp 1,3 M untuk Program Kartu Prakerja.

Pemkab menggelontorkan dana tersebut, untuk bantuan modal berwirausaha. Sedikitnya 120 orang yang mengikuti program Kartu Prakerja di Purbalingga.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Dinnaker) Purbalingga, Heriyanto mengatakan, program tersebut merupakan langkah Pemkab untuk mengatasi masalah pengangguran. Dimana pengangguran, akan memberi dampak pada kemiskinan.

“Kamis (08/06/2023) kemarin, sebanyak 120 orang menerima kartu prakerja. Terlebih dahulu mereka mendapatkan pelatihan keterampilan dari instruktur yang mumpuni, di bidangnya,” katanya, Sabtu (10/06/2023).

Pada kesempatan kali ini, ada 2 paket pelatihan entrepreneurship dan 4 paket pelatihan industrial. Program ini, akan menjadi jawaban atas permasalahan stagnasi angkatan kerja.

“Kita menggandeng LPK yang ada di Purbalingga. Misalnya, kita pusatkan pelatihan di Pepedan Karangmoncol, Sumampir Rembang dan lainnya,” katanya.

Anggaran sebesar Rp 1,3 M itu, untuk bantuan peralatan bagi entrepreneurship, kaos serta variabel penunjang lainnya.

“Kami juga nanti akan cek nantinya, tetap ada monitoring,” ujarnya.

Salah satu instruktur pada LPK Amanah Kalikajar, Suswati menyampaikan, LPK yang dia kelola telah bekerjasama dengan perusahaan garmen yang ada di Banjarnegara dan Semarang. Sehingga para peserta pelarian, nantinya ada kepastian bekerja.

“Kami sudah bekerja sama dengan perusahaan. Sehingga kepastian bekerja terjamin,” katanya.

Editor: Dedy Afrengki

Terkini