Rabu, 1 Desember 2021

Pemkab Purbalingga Targetkan PPKM Turun ke Level I Sebelum Akhir Tahun

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi sedang meninjau vaksinasi covid-19. (Amin)

Setelah tercapai realisasi vaksin 50 persen, Pemkab Purbalingga menargetkan capaian vaksinasi naik sampai 70 persen. Di dalamnya, setidaknya 40 persen vaksinasi lansia juga tercapai. Harapannya, akhir tahun bisa turun level PPKM menjadi level 1.


Purbalingga, serayunews.com

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menyampaikan, sebelum akhir tahun 2021, Kabupaten Purbalingga bisa menurunkan PPKM dari Level 3 menjadi Level 1. Syaratnya, dalam waktu dekat, Pemkab Purbalingga harus menuntaskan terlebih dahulu berbagai persyaratan untuk turun ke PPKM Level -2.

“Target dari Kabupaten Purbalingga sebelum akhir tahun sudah ke level-1,” kata Tiwi, saat meninjau kegiatan vaksinasi di Balai Desa Cendana Kecamatan Kutasari, Selasa (16/11/2021).

Untuk mencapai ke level-2 tentunya Kabupaten Purbalingga harus mengejar vaksinasi di atas 50% dan untuk kuota lansia harus mencapai minimal 40%. Sampai hari ini cangkupan vaksinasi di Kabupaten Purbalingga sudah 53%.

“Tentunya kita mengejar agar bisa turun ke level 2 ini bisa tercukupi, untuk menjadi level 2 vaksinasi lansia harus 40%, hingga saat ini vaksinasi lansia baru mencapai 34%. Mudah-mudahan dalam waktu satu minggu ini bisa kami kejar, sehingga segera turun ke level-2.” katanya.

Upaya yang dilakukan pemerintah untuk percepatan vaksinasi adalah Pemerintah melalui Dinas Kesehatan melakukan vaksinasi jemput bola ke Balai Desa – Balai Desa, dengan dibantu kepala desa harus memiliki data masyarakat yang belum melakukan vaksinasi, terutama lansia.

Pemerintah Kabupaten Purbalingga juga sudah launching bus vaksinasi Kerjasama antara Polri, TNI dan Dinas Terkait. Sarana tersebut digunakan untuk jemput bola para lansia-lansia dan masyarakat yang tidak memungkinkan untuk datang ke fasilitas Kesehatan atau lokasi vaksinasi sehingga vaksinasi bisa segera mencapai target.

“Mohon dukungan sengkuyung sinergi seluruh warga masyarakat Kabupaten Purbalingga, Seluruh jajaran terkait lintas sektoral, TNI, Polri, Tenaga Kesehatan dan Organisasi Masyarakat yang lain bersama-sama mengupayakan percepatan vaksinasi di Kabupaten Purbalingga yang saat ini masih level 3 bisa turun ke level 2 dan nantinya bisa segera turun ke level 1,” ucapnya.

Seperti diketahui, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BECon MM bersama Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga drg Hanung Wikantono MPPM di Desa Cendana, Kecamatan Kutasari, Selasa (16/11). Vaksinasi di Desa Cendana ini merupakan pelaksanaan kegiatan percepatan vaksinasi jemput bola yang dilaksanakan oleh lintas sektoral TNI, Polri dan Dinas Kesehatan, pada kegiatan vaksinasi hari ini Dinas Kesehatan  menyiapkan sedikitnya 1000 kuota vaksin yang akan diberikan kepada masyarakat.

Berita Terkait

Berita Terkini