Kamis, 6 Oktober 2022

Pemuda Purbalingga Pencipta Aplikasi Belanja, Kini Omzet Beceran Mencapai Puluhan Juta Rupiah

Ikrom, pemuda Purbalingga yang menciptakan aplikasi Beceran. Sebuah aplikasi belanja sayur dan bahan makanan lainnya secara online. (Foto: Amin Wahyudi)

Ketika Pandemi Covid-19, terutama saat masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kehadiran aplikasi belanja online sangat dibutuhkan. Kondisi itu yang memantik Ikrom, seorang pemuda asal Purbalingga mencari solusi. Masyarakat tak harus kemana-mana, namun tetap bisa belanja bahan makanan melalui aplikasi ‘Beceran’.


Purbalingga, serayunews.com 

Beceran merupakan sebuah aplikasi belanja sayur mayur dan bahan makanan lainnya. Ada 15 supleir yang sekarang menjadi mitra Beceran. Mereka merupakan pedagang sembako di Pasar Segamas.

“Kebutuhan pokok yang dijual seperti sayur mayur, lauk-pauk, bumbu dapur dan jajan pasar juga ada,” katanya.

Karya Ikrom, sangat patut dibanggakan. Mengelola aplikasi online itu, dia kini sudah mempekerjakan 18 orang karyawan.

“ Aplikasi Beceran merupakan sebuah aplikasi CMS Ecommerce berbasis Android yang awal mulanya untuk sendiri guna memenuhi kebutuhan masyarakat Purbalingga dan sekitarnya di saat pandemi,” ujarnya.

Ikrom mengklaim, rata-rata ada 30 transaksi setiap harinya. Sampai saat ini sudah ada 4.100 yang mendownload aplikasi dan ada 1.000 pelanggan yang aktif.

“Aplikasi ini juga sangat mudah dalam penggunaannya,” ujarnya.

Mengenai harga, menurut Ikrom, harga barang bersaing dengan harga pasar. Bicara omzet, saat ini setiap bulannya sudah bisa menghasilkan sekitar 30-60 juta rupiah. “untuk biaya ongkir hanya Rp 10 ribu flat jauh dekat,” ujarnya.

Jangkauan aplikasi Beceran, masih cukup terbatas. Rata-rata sekitar 20 kilometer dari Pasar Segamas. Sebelah utara sampai Karanganyar-karangreja, sedangkan bagian selatan sampai Sokaraja.

“Target Februari 2023 bisa launching Beceran dengan versi baru yang nantinya bisa berkolaborasi dengan para UMKM Purbalingga, untuk memajang produknya di sana,” kata dia.

Berita Terpopuler

Berita Terkini