Rabu, 25 Mei 2022

Pemudik Menuju Stasiun Tawang Meningkat

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengecek situasi mudik di Stasiun Tawang, Rabu (27/4) siang.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengecek situasi mudik di Stasiun Tawang, Rabu (27/4) siang. Berdasarkan laporan petugas di stasiun tersebut, peningkatan penumpang sudah terjadi sejak dua hari lalu.


Semarang, serayunews.com

Sejumlah penumpang yang berada di ruang tunggu peron Stasiun Tawang, disapa Ganjar. Seorang perempuan yang baru saja tiba di Stasiun Tawang dari Surabaya.

“Halo pak Ganjar, selamat siang pak. Sehat ya pak. Ini mau mudik ke Ternate,” ujar seorang bapak menyapa Ganjar.

Baca juga  Hari Buruh, Ganjar Beri Sembako

“Wah jauh banget pak, oh terbang dari surabaya ya,” sahut Ganjar.

Ganjar sempat masuk ke peron dan melihat kondisi yang masih lengang. Tampak beberapa petugas mengenakan seragam berbeda. Ternyata, mereka merupakan petugas kontrak selama lebaran untuk menjadi pelayanan penumpang.

“Ini sudah siap melayani ya? Kontrak nah THRnya sudah dibayarkan belum, dicicil apa nggak? Hayo yang belum itu ditagih ke perusahaannya ya,” seloroh Ganjar.

Ganjar mengatakan h-5 lebaran kepadatan di Stasiun Tawang belum terlihat. Namun dari laporan petugas stasiun sudah terjadi peningkatan dibanding hari biasa.

Baca juga  Geger Pagi Hari, Rumah Warga Pedasong Adipala Kebakaran, Penyebabnya Puntung Rokok

“Jadi mulai ada peningkatan dan rasanya mungkin ya malam ini bertambah, besok bertambah, sampai dengan minggu,” kata Ganjar.

Ganjar juga menilai pihak KAI telah siap untuk menerima kedatangan penumpang yang mudik. Hal lain yang perlu disiapkan adalah tempat transit penumpang yang menunggu untuk transportasi selanjutnya.

“Kita titip aja nanti pelayanan dan pengelolaan di sini. mungkin yang mesti diikuti adalah transportasi berikutnya, kaya tadi yang mau ke Banjarnegara masih nunggu travel umpama, itu yang perlu diamankan. Mudah-mudahan lancar,” ujarnya.

Petugas KAI Daop IV Semarang, Sujoko yang mendampingi Ganjar menjelaskan peningkatan terjadi cukup signifikan. Jika hari biasa Stasiun Tawang menerima kedatangangan 2.000-an penumpang, pada musim lebaran 2022 ini mencapai 3.000an.

Baca juga  Sapi Sulit Makan dan Kurus? Waspadai PMK, Ini Kata Kepala Dinas Pertanian Cilacap

“Kemarin 3500 hari ini 3800 itu belum terhitung yang kereta api lokal. Penambahan kereta ada delapan dr semarang tawang, prediksinya nanti hari minggu sekitar 5000an,” tandasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini