Minggu, 19 September 2021

Penerapan SPBE Pemkab Klaten Dinilai Memuaskan

Rapat Evaluasi penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). (dok Diskominfo Klaten)

Evaluasi penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) pada instansi pemerintah, memasuki tahap penilaian interviu. Kabupaten Klaten termasuk yang dinilai oleh asesor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).


Klaten, serayunews.com

Hasilnya, penerapan SPBE oleh Pemkab Klaten dinilai memuaskan. Kendati demikian, grafik capaian terus bergerak naik.

Hal ini lantaran terdapat beberapa indikator yang berpotensi untuk ditingkatkan sehingga berdampak pada indeks penerapan SPBE yang lebih baik lagi.

Dilansir dari klatenkab.go.id, Kepala Dinas Komunikasi Informatika (Diskominfo) Klaten, Amin Musthofa yang memimpin jalannya rapat evaluasi tersebut mengatakan perbaikan yang diperlukan lebih bersifat internal. Sementara indeks yang berhubungan dengan layanan umum dinilai memuaskan.

“Ada beberapa hal yang dapat ditingkatkan lagi seperti layanan kepegawaian dan aset. Pemkab Klaten optimis indikator yang disampaikan oleh asesor Kemen PANRB akan segera meningkat,” ungkapnya usai memimpin rapat evaluasi penerapan SBPE di ruang rapat Diskominfo Klaten, Kamis (26/8/2021).

Ia menambakan, evaluasi tersebut digelar secara virtual oleh unit kerja Deputi bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kemen PANRB. Adapun interviu evaluasi meliputi 4 domain, 8 aspek, 47 indikator. Apresiasi dari asesor bahwa kita bagus, karena bisa menjelaskan setiap indikator dengan jelas dan rinci.

“Implementasi SPBE di seluruh instansi pemerintah ini, dievaluasi oleh tim penilai eksternal yang beranggotakan 143 akademisi dari 25 perguruan tinggi. Tahapan penilaian interviu ini dilakukan untuk melakukan klarifikasi dan validasi kembali dalam rangka memastikan kualitas hasil penilaian Evaluasi SPBE pada setiap instansi pemerintah dapat dipertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Seluruh proses evaluasi ini, lanjutnya, diharapkan terlaksana secara objektif dan profesional agar menghasilkan penilaian penerapan SPBE yang berkualitas sebagai informasi dasar yang akan menjadi tolok ukur dalam penerapan SPBE.

Berita Terkait

Berita Terkini