Minggu, 28 November 2021

Peringati Hari Dharma Karya Dika, Kemenkumham Eks Karisidenan Banyumas Ziarah ke TMP Purwokerto

Kemenkumham wilayah eks Karisidenan Banyumas melakukan ziarah di TMP Tanjung Nirwana Purwokerto, Selasa (26/10). (Dok istimewa)

Dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dika (HDKD) 2021, Kemenkumham wilayah eks Karisidenan Banyumas menggelar berbagai acara. Salah satunya adalah ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Tanjung Nirwana Purwokerto. Sekitar 100 personil melakukan doa bersama dan ziarah di lokasi tersebut, Selasa (26/10).


Purwokerto, serayunews.com

Pembimbing Kemasyarakatan Madya Bapas Purwokerto,Hadi Prasetyo H.AKS.M.H mengatakan, untuk hari dharma karya dika tahun ini bertemakan, ‘Kemenkumham Lebih Pasti’. Tema tersebut mengandung makna bahwa Kemenkumham harus bekerja dengan lebih profesional, akuntabel, transparan dan inovatif, demi meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

“Rangkaian kegiatan Hari Dharma Karya Dika ini sudah dimulai sejak awal bulan Oktober lalu, seperti bhakti sosial yang dipusatkan di Semarang, kemudian peduli kasih, berbagai perlombaan dan hari ini kita lakukan ziarah ke TMP Tanjung Nirwana,” jelasnya.

Menurut Hadi, bersamaan dengan peringatan HDKD ini, semua pegawai di lingkungan Kemenkumham diharapkan untuk meningkatkan kinerja lebih baik, terutama dalam hal memberikan pelayanan dasar kepada masyarakat. Selain itu, juga harus tetap profesional dalam menjalankan tugas-tugas dan tidak melanggar aturan.

Acara ziarah diawali dengan penghormatan kemudian peletakan karangan bunga, lalu dilanjutkan dengan doa bersama. Kemudian peserta upacara dari  kepala UPT dan jajaran staf mulai dari Lapas Purwokerto, Lapas Narkotika Purwokerto, Bapas, Rubasan Purwokerto, Rutan Banyumas, Rutan Purbalingga, Rubasan Purbalingga dan Rutan Banjarnegara serta para taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) melakukan tabur bunga.

Sebelum acara ziarah tersebut, sudah dilakukan pembersihan TMP Tanjung Nirwana terlebih dahulu, Ada tujuh orang narapidana dari Lapas Purwokerto yang membersihkan TMP.

“Ziarah ke TMP Tanjung Nirwana ini sebagai bentuk penghormatan kita kepada para pahlawan, sekaligus pengingat supaya kita juga belajar suri tauladan dari para pahlawan tentang kerja tanpa pamrih untuk bangsa dan negeri. Sebagai puncak peringatan nanti tanggal 30 Oktober akan dilaksanakan upacara bersama secara virtual mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19,” ucapnya.

Berita Terkait

Berita Terkini