Selasa, 24 Mei 2022

Pertamina Cilacap, Bakal Hadirkan Lagi Nuansa Indah Jalan MH Thamrin Tempo Dulu

PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, menanam 1.600 pohon di area proyek Refinery Development Master Plant (RDMP).

Untuk tetap menjaga keberlangsungan lingkungan hidup, sekaligus upaya menghadirkan kembali ikon baru seperti jalan MH Thamrin di masa lalu, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, menanam 1.600 pohon di area proyek Refinery Development Master Plant (RDMP).


Cilacap, serayunews.com

Bagi warga Cilacap, Jalan MH Thamrin di Kelurahan Lomanis, Kecamatan Cilacap Tengah, meninggalkan cerita tersendiri. Jalan alternatif penghubung Jalan Juanda menuju MT Haryono ini, sempat menjadi salah satu ikon dan lokasi favorit berswafoto bagi warga, karena kehadiran pohon Glodogan Tiang yang menjulang tinggi berjajar rapi di kanan kiri jalan.

Baca juga  Ini Pesan Sekda Banyumas untuk ASN yang Mudik

Seiring dimulainya pengembangan kilang melalui RDMP, area jalan MH Thamrin masuk dalam peta proyek tersebut, sehingga dilakukan sterilisasi jalan dan pemangkasan pohon-pohon Glodogan Tiang, sejak awal 2020. Lalu lintas pun kemudian dialihkan ke jalan baru yang lebih lebar, yakni Jalan MT Haryono Relokasi sepanjang 3.100 meter.

Komitmen menghadirkan nuansa zaman dahulu di lokasi tersebut, ditandai dengan penanaman pohon oleh jajaran Direksi Pertamina (Persero) dan PT KPI dalam rangkaian Safari Ramadhan 1443 di Cilacap, Senin (25/4/2022) silam.

Berbagai jenis pohon itu antara lain Cemara Laut, Bismarkia Nobilis, Tabebuya, Bungur, Glodogan Tiang, Ketapang Laut, Bougenville, dan Pucuk Merah. Ditambah 12 ribuan pohon bunga/perdu, serta jenis rumput yang ditanam di seluruh area proyek RDMP seluas 1.176 meter persegi, tepatnya di sisi kanan dan kiri jalan MT Haryono Relokasi, Jalan Suasa dan Jalan Mutiara.

Baca juga  Usai Libur Panjang, Bupati Tatto Minta ASN Semangat Bekerja

Simbolis penanaman pohon Tabebuya oleh Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha (SPPU) Pertamina, Iman Rachman; Dirut PT KPI, Taufik Adityawarman; Direktur Operasi PT KPI, Didik Bahagia; Direktur Project & Operations PT Pertamina Power Indonesia, Norman Ginting; SVP Research & Technology Innovation PT Pertamina, Oki Muraza, dan Pjs. GM PT KPI RU IV, Arief Budiyanto.

Dijelaskan Arief, penanaman pohon ini menjadi bagian dari dukungan pekerjaan penghijauan RDMP pada fase Early Work ketiga.

“Selain itu yang tidak kalah penting adalah untuk tetap menjaga paru-paru bumi dan estetika. Sehingga jalan-jalan baru di area RDMP ini, semakin sejuk dan bisa menjadi kebanggaan warga Cilacap sekaligus ikon baru,” ujarnya.

Baca juga  Mantap, Pos Pengamanan Mudik Lebaran di Purbalingga Dilengkapi Gerai Vaksin

Lanjut Arief, pohon Tabebuya atau dijuluki Sakura tropis, sangat cocok ditanam di area proyek.

“Di samping ada jenis yang lain, pohon Tabebuya kami tempatkan di tepi jalan utama MT Haryono Relokasi untuk menambah keindahan. Saatnya nanti Tabebuya berbunga, kita seperti berada di negara asalnya bunga khas itu, Jepang,” imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini