Minggu, 25 September 2022

Polibara Gandeng Kadin Banjarnegara, Kembangkan Laboratorium Pangan

Ketua Kadin Banjarnegara, Akhmad Fajar (kaos putih) bersama jajaran akademisi Politeknik Banjarnegara, saat melakukan penjajakan kerjasama di lahan milik Politeknik Banjarnegara, Sabtu (10/9/2022). Foto : Maula

Pengembangan potensi, terus dilakukan oleh Politeknik Banjarnegara. Termasuk dengan menggandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Banjarnegara, dalam pemanfaatan lahan pertanian yang ada di kompleks Kampus Politeknik Banjarnegara (Polibara).


Banjarnegara, serayunews.com

Penjajakan kerjasama antara Polibara ini, dilakukan untuk memanfaatkan lahan pertanian kampus sebagai laboratorium industri pangan. Hal ini, sejalan dengan jurusan yang ada di Politeknik Banjarnegara.

“Satu dari jurusan di Politeknik Banjarnegara ini adalah agroindustri, sehingga kerjasama ini akan saling menguntungkan, khususnya sebagai sarana praktik bagi mahasiswa jurusan di kampus kami,” kata Direktur Politeknik Banjarnegara, Azis Purwanto.

Menurutnya, sebagai kampus vokasi, Polibara terus berupaya mengembangkan para mahasiswanya dengan terjun langsung dalam dunia kerja. Sehingga, lulusan dari Politeknik ini mampu mengaplikasikan materi yang didapat di bangku kuliah dengan dunia kerja.

Ketua Kadin Banjarnegara, Akhmad Fajar mengatakan, jalinan kerjasama ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan perekonomian di masyarakat, termasuk memberikan bekal kemandirian bagi para mahasiswa.

“Kita tahu Banjarnegara adalah wilayah agraris, dan Polibara ini memiliki jurusan Agroindustri, sehingga kolaborasi ini bisa sejalan,” katanya.

Selain itu, dalam pengembangannya nanti, lahan pertanian yang ada di kompleks Politeknik Banjarnegara ini sebagai laboratorium pangan mulai dari pembenihan, pengolahan pupuk organik, hingga pengolahan setelah panen.

Berita Terpopuler

Berita Terkini