Rabu, 5 Oktober 2022

Potensi Hujan masih Tinggi, BMKG Cilacap Ingatkan Ancaman Bencana Hidrometeorologi

Potret beberapa bencana yang ada di Cilacap beberapa waktu lalu. (Dok BMKG Cilacap)

Dalam beberapa pekan terakhir, hujan degan intensitas ringan hingga leat mengguyur sejumlah wilayah di Cilacap. Dengan demikin, BMKG Cilacap pun mengeluarkan sejumlah imbauan, salah satunya yakni adanya potensi bencana hidrometeorologi.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Cilacap, Teguh Wardoyo meminta masyarakat lebih waspada potensi bencana hidrometeorologi. Bencana tersebut seperti banjir bandang, tanah longsor, dan angin puting beliung.

“Apalagi potensi hujan dengan intensitas ringgan hingga lebat, masih terjadi dalam beberapa hari ke depan,” katanya kepada serayunews.com, Senin (15/8/2022).

Menurutnya, terdapat sejumlah wilayah di Kabupaten Cilacap juga telah terjadi banjir dan tanah longsor meski dalam skala kecil. Terutama di wilayah barat yang dominan dengan dataran rendah dan pegunungan. Hal itu dapat menjadi acuan, peningkatan kewaspadaan masyarakat.

“Dari pantauan kami hari ini juga terdapat enam kecamatan yang berstatus waspada yakni Cipari, Cimanggu, Wanareja, Majenang, Karangpucung, dan Nusawungu,” tuturnya.

Meski begitu, masyarakat tak perlu cemas atas adanya ancaman bencana hidrometeorologi ini. Namun ia mengingatkan agar dalam beraktivitas, masyarakat bisa lebih berhati-hati.

Berita Terpopuler

Berita Terkini