Kamis, 1 Desember 2022

Puluhan Rescuer Kantor SAR Cilacap Ikuti Uji Kompetensi HART dan Water Rescue

Rescuer Basarnas Cilacap saat uji kompetensi HART dan Water Rescue oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Basarnas di Pantai Teluk Penyu Cilacap, Minggu (30/10/2022). (Dok Basarnas Cilacap).

Sebanyak 24 rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Cilacap mengikuti uji kompetensi High Angle Rescue Techniques (HART) dan Water Rescue. Uji kompetensi ini melibatkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Basarnas.


Cilacap, serayunews.com

Adapun 24 peserta uji kompetensi berasal dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Cilacap dan Unit Siaga SAR Banyumas. Uji kopetensi ini berlangsung sejak Sabtu hingga Senin (29-31/10/2022).

Asesor Kompetensi LSP Basarnas Rindang Krisnavianto mengatakan, uji kompetensi rescuer oleh LSP Basarnas bermaksud untuk menguji kompetensi para rescuer di lingkungan Basarnas, khususnya rescuer di Kantor SAR Cilacap.

“Bukan hanya pengetahuan saja, tetapi keterampilan dan sikap kerja juga menjadi penilaian dalam kegiatan ini. Agar rescuer rescuer Kantor SAR Cilacap kompeten di bidang yang sudah kita skemakan,” ujarnya.

Terdapat dua skema dalam uji kompetensi ini, yakni pertolongan korban di ketinggian atau high angle rescue techniques (HART) yang berlangsung di Kantor SAR Cilacap. Kedua, pertolongan korban di permukaan air atau water rescue yang berlangsung di Pantai Teluk Penyu Cilacap.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Cilacap Adah Sudarsa mengatakan, dengan adanya kegiatan LSP Basarnas ini seluruh rescuer Kantor SAR Cilacap yang mengikuti kegiatan berharap agar selalu berlatih.

“Sebagai anggota Basarnas, harus selalu siap siaga apabila ilmu ini kita butuhkan untuk menolong masyarakat yang membutuhkan jasa khususnya di bidang SAR. Selain daripada itu, dengan uji kompetensi ini berarti rescuer Kantor SAR Cilacap sudah disertifikatkan langsung oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Basarnas,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini