Jumat, 12 Agustus 2022

“Purbalingga Bumi Tempat Lahir Soedirman” Jadi Tagline Agustusan di Kabupaten Purbalingga

Baliho Purbalingga Tempat Lahir Soedirman terpasang di Kecamatan Rembang, Purbalingga. (dok serayunews.com)

Pemkab Purbalingga akan menjadikan momentum peringatan HUT kemerdekaan RI ke 77 untuk meneguhkan branding “Purbalingga Bumi Tempat Lahir Soedirman”. Berbagai kegiatan digelar untuk mendukungnya.


Purbalingga, serayunews.com

“Branding Purbalingga sebagai bumi Soedirman harus dimunculkan. Kita memiliki bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS), serta Monumen Tempat Lahir (MTL) Soedirman yang ada di desa kelahiran Soedirman di Desa Bantarbarang Kecamatan Rembang. Ini perlu dimunculkan. Oleh karena itu peringatan Kemerdekaan RI ke 77 atau kegiatan Agustusan akan mengangkat subtema Dengan Semangat Juang Panglima Besar Jenderal Soedirman Kita Jadikan Momentum Hari kemerdekaan Republik Indonesia Untuk Mewujudkan Purbalingga Hebat, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat,” kata Bupati Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), Rabu (27/7/2022).

Baca juga  Tahapan Pemilu 2024 Sudah Dimulai, Berikut Syarat Wajib bagi Parpol untuk Bisa Ikut Kontestasi 

Oleh karena itu serangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka peringatan Kemerdekaan RI ke 77 di Kabupaten Purbalingga, akan bertemakan pahlawan kemerdekaan kelahiran Purbalingga tersebut. Di antaranya bazar UMKM yang juga menampilkan produk bernuansa Soedirman. Mulai dari blangkon Soedirman, patung Soedirman dan juga batik Soedirman

“Selain itu juga akan ada Festival Jenderal Besar Soedirman. Rangkaian kegiatannya mulai dari Festival Film Purbalingga (FFP) dan melukis Soedirman, Kirab Soedirman dan juga Haul Soedirman. Jika memungkinkan akan ada pemecahan rekor MURI terkait dengan Jenderal Soedirman,” ungkapnya.

Baca juga  Skandal Perselingkuhan Perangkat Desa Candinata Purbingga Terkuak, Warga Tuntut Dua Oknum Itu Diberhentikan 

Semua kegiatan tersebut menurutnya diselenggarakan untuk menegaskan Purbalingga sebagai tempat kelahiran sang Jenderal besar tersebut. Seperti diketahui Jenderal Besar Soedirman lahir di Desa Bantarbarang Kecamatan Rembang, pada 24 Januari 1916. Rumah tempat lahir jenderal yang dikenal dengan strategi perang gerilya tersebut kini dijadikan lokasi wisata yang diberi nama Museum Tempat Lahir (MTL) Soedirman.

Berita Terkait

Berita Terkini