Sabtu, 25 Maret 2023

Ratusan Pramuka Banjarnegara Meriahkan Pesta Siaga 2023

Penyerahan piala pada para barung terbaik dalam pesta siaga 2023 tingkat Kwarcab Banjarnegara di SMPN 2 Wanadadi Banjarnegara, Minggu (19/3/2023). Foto. dok Kwarcab Banjarnegara

Ratusan anggota pramuka siaga se Kabupaten Banjarnegara, ikut memeriahkan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dalam pesta siaga 2023. Acara berlangsung di SMPN 2 Wanadadi, Minggu (19/3/2023).


Banjarnegara, serayunews.com

Peserta kegiatan tersebut adalah 40 barung putra dan putri. Peserta merupakan wakil dari Kwartir Ranting Pramuka se Kabupaten Banjarnegara.

Anggota Mabicab Banjarnegara, Dalmini mengatakan, pramuka Siaga merupakan cikal bakal generasi muda masa depan. Untuk itu, melalui gerakan pramuka, para generasi bangsa ini berlatih untuk selalu tampil dengan berani, mandiri, dan ceria.

Menurutnya, pramuka siaga bisa menjadi teladan bagi teman-temannya di manapun dan kapanpun. Terlebih, jika telah menyandang predikat Pramuka Garuda. Untuk itu, dia juga meminta para peserta dan pembina pramuka untuk tidak lelah dan senantiasa melakukan pembinaan dengan inovasi. Selain itu perlu kreativitas dalam menyerap kader bangsa yang berkualitas.

Baca juga: KPU Banjarnegara Gandeng Komunitas Motor Sosialisasikan Pemilu 2024

“Jangan biasakan memakai TKU, TKK, apalagi Tanda Pramuka Garuda tanpa diuji,” katanya.

329 Peserta

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Banjarnegara, Aris Sudaryanto mengatakan, ada 329 peserta pada Pesta Siaga kali ini. Kemudian, ada 160 pembina pendamping yang tergabung dalam 40 barung putra dan putri.

“Mereka merupakan barung tergiat kategori putra dan putri terbaik pada kegiatan serupa di tingkat kecamatan,” ujarnya.

Pihaknya berharap, melalui momentum kegiatan tersebut dapat melahirkan Siaga jitu dan andal. Mereka yang akan mewakili Kabupaten Banjarnegara pada Pesta Siaga tingkat Binwil Banyumas.

“Banjarnegara merupakan langganan juara di Pesta Siaga Binwil Banyumas dan terkenal dengan slogan Siaga Jitu Banjarnegara,” lanjutnya.

Adapun Pesta Siaga Binwil Banyumas, rencananya berlangsung di Kabupaten Cilacap pada 12-13 Mei 2023 mendatang.

Senada dengan hal tersebut, wakil ketua panitia kegiatan, Sugeng Wiyono mengatakan, Pesta Siaga Kwarcab Banjarnegara dari waktu ke waktu harus ada peningkatan dan perubahan.

“Peningkatan tersebut termasuk dari segi derajat dan kualitas dengan pembuktian prestasi yang setinggi-tingginya,” ujarnya.

Untuk Pesta Siaga 2023 ini, barung tergiat untuk kategori putra adalah Kwaran Banjarmangu. Menyusul kemudian, Kwaran Banjarnegara di peringkat ke dua, sedangkan peringkat III adalah Kwaran Purwanegara.

Untuk tergiat putri, keluar sebagai barung terbaik adalah Kwaran Karangkobar. Menyusul kemudian,  Kwaran Banjarnegara sebagai tergiat II, dan Kwaran Purwanegara sebagai tergiat III.

Berita Terkait

Berita Terkini