Jumat, 30 September 2022

Rayakan Imlek di Tengah Pandemi, Ini yang Dilakukan Umat Tri Dharma Purbalingga

Petugas di klenteng Ho Tek Bio Purbalingga memasang lampion menyambut perayaan Tahun Baru Cina (Imlek). (Foto :Joko Santoso)

Umat Tri Dharma di Kabupaten Purbalingga mulai mempersiapkan perayaan Imlek (Tahun Baru Cina) yang jatuh pada Selasa (1/2/2022). Berbagai kegiatan telah dilaksanakan di Klenteng Ho Tek Bio. Karena masih di tengah pandemi, perayaan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat.


Purbalingga, serayunews.com

“Persiapan perayaan Imlek sudah kami laksanakan sejak pekan lalu. Mulai Rabu (26/1/2022). Diantaranya melaksanakan prosesi sembahyang ,” kata Ketua Klenteng Ho Tek Bio Purbalingga dr Mulyadiyanto didampingi pengurus Andrian Ming, Minggu (30/1/2022) malam.

Dia menjelaskan dalam prosesi sembahyang tersebut dewa dewa akan naik ke khayangan untuk melaporkan mengenai perbuatan umat manusia selama satu tahun ini. Selain prosesi tersebut umat Tri Dharma dibantu oleh lintas komunitas melaksanakan bersih-bersih kompleks klenteng.

“Kami juga melakukan bersih-bersih patung dewa dan lingkungan klenteng mulai Kamis (26/1/2022). Selain itu untuk menambah semarak suasana menyambut Imlek, dilakukan juga pemasangan lampion di kawasan klenteng,” terangnya.

Acara puncak akan dilaksanakan pada Senin (31/1/2022) malam dengan pelaksanaan sembahyang bersama. Umat Tri Dharma akan hadir di klenteng dan memanjatkan doa sambil membakar dupa. Pelaksanaan ibadah menyambut Imlek semuanta dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat.

“Umat Tri Dharma yang hadir di acara tersebut kami batasi. Kami telah berkoordinasi dengan Satgas Covid Kabupaten Purbalingga,” imbuhnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini