Jumat, 9 Desember 2022

Relawan Banjarnegara Hijaukan Hutan Dieng dengan Penanaman Ribuan Pohon

 

Sejumlah relawan saat melakukan aksi tanam pohon di puncak gunung Kendil Dieng Banjarnegara, Minggu (20/11/2022) foto dok RAPI Banjarnegara

Demi menjaga alam dataran tinggi Dieng, sejumlah relawan gabungan bersama dengan TNI Polri melakukan aksi tanam pohon di hutan Dieng, Minggu (20/11/2022).


Banjarnegara, Serayunews.com

Penanaman jenis kayu keras seperti pohon sapu tangan dan buah-buahan, dilakukan untuk menjaga ekosistem serta menjaga ketersediaan air dalam tanah di dataran tinggi Dieng.

Camat Batur, Aji Piluroso mengatakan, penanaman ribuan pohon ini dilakukan oleh para relawan bersama dengan TNI Polri serta kalangan pelajar, termasuk masyarakat setempat yang juga peduli dengan alam Dieng.

“Untuk saat ini, penanaman pohon dilakukan di Puncak Gunung Kendil Dataran Tinggi Dieng. Kami berharap tanaman ini bisa tumbuh subur dan memberikan manfaat untuk semua,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Relawan Banjarnegara, Tejo Sumarno mengatakan, dalam aksi peduli alam dan lingkungan ini, ada beberapa komunitas pencinta alam, baik pelajar, masyarakat maupun relawan peduli lingkungan lainnya.

“Ada ratusan peserta yang terlibat, baik dari instansi maupun masyarakat umum. Ini bagian dari upaya kita bersama mengajak masyarakat untuk peduli lingkungan, penanaman pohon ini juga bagian dari upaya mencegah terjadinya bencana longsor,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini