Minggu, 5 Februari 2023

Roadshow, BHB Bantu Sarpras Aula Desa Hingga Suport Kesenian Ebeg

Ketua Komisi C DPRD Jateng, Bambang Hariyanto Bachrudin (bhb)
Ketua Komisi C DPRD Jateng, Bambang Hariyanto Bachrudin (berdiri) saat roadshow memberikan bantuan di Desa Sumbang, Selasa (24/2023). (Dok Tim BHB)

Desa merupakan representasi pemerintahan yang terdekat dengan masyarakat. Namun, masih banyak desa di Kabupaten Banyumas yang belum memiliki ruangan representatif sebagai tempat berbagai kegiatan warganya. Hal ini tak luput dari perhatian anggota DPRD Provinsi Jateng, Bambang Hariyanto Bachrudin (BHB).


Banyumas, serayunews.com

Dalam roadshow, Selasa (24/1/2023), Bambang Hariyanto yang menggandeng Bank Jateng mendatangi tiga desa untuk menyalurkan bantuan sesuai dengan kebutuhan mereka. Ada dua desa yang mendapat bantuan sarpras aula, yaitu Desa Pamijen Kecamatan Baturraden dan Desa Ledug, Kecamatan Kembaran.

“Dua aula di desa tersebut, sarana dan prasarananya memprihatinkan, karena itu kita bantu dengan memberikan kursi untuk pertemuan, sound system serta pendingin ruangan,” kata BHB.

Lebih lanjut wakil rakyat dari PDI Perjuangan ini menjelaskan, keberadaan aula di desa multi fungsi, selain sebagai tempat pertemuan warga, rapat para perangat desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), juga seringkali dimanfaatkan oleh warga setempat untuk berkegiatan.

Sehingga kondisi sarpras aula desa yang tidak memadai tersebut, harus segera disupport agar kegiatan di desa berjalan lancar. Dari ruang pertemuan atau aula itulah, seringkali muncul kebijakan-kebijakan ataupun ide-ide kreatif untuk desa.

Kepala Desa Pamijen, Agus Sumarko mengatakan, pihaknya mendapat bantuan puluhan kursi untuk aula serta kursi untuk para perangkat desa sound system dan AC. Bantuan sarpras tersebut sangat bermanfaat, sebab kondisi kursi aula sudah rusak, bahkan jika ada pertemuan-pertemuan, desa terpaksa meminjam kursi milik RT terdekat.

“Kursinya sudah rusak, selama ini kita pinjam kursi RT, jadi bantuan sarpras ini sangat bermanfaat bagi kami,” ucapnya.

Selain membantu sarpras aula desa, BHB yang didampingi pimpinan Bank Jateng, Indra Jaya Harun Al Rasyid juga memberikan bantuan untuk grup kesenian kuda lumping di Desa Sumbang. Bantuan yang diberikan berupa seragam serta alat musik pengiring untuk pentas.

Bambang menyatakan, kesenian kuda lumping atau ebeg merupakan kesenian tradisional yang sudah masuk sebagai warisan budaya tak benda, sehingga kelestariannya harus dijaga. Saat ini pertujukan ebeg sedang digemari di Banyumas dan sebagai wakil rakyat, ia merasa perlu untuk ikut nguri-uri budaya lokal tersebut.

Berita Terpopuler

Berita Terkini