Rumkitbant 04.08.01 Cilacap Sosialisasi Penyakit Degeneratif ke Prajurit TNI dan PNS

Suasana penyuluhan atau sosialisasi kesehatan tentang dampak penyakit degeneratif di Aula Satya Kartika Makodim 0703/Cilacap, Senin (6/2/2023). (dok Rumkitbant 04.08.01)

Sosialisasi kepada para personel TNI dan PNS di lingkungan Kodim 0703/Cilacap. Hadir dalam sosialisasi itu, 55 orang prajurit TNI dan PNS.


Cilacap, serayunews.com

Kepala Rumkitbant 04.08.01 Cilacap Lettu Ckm dr Achmad Dodi M memimpin langsung sosialisasi tersebut. Mendampingi Lettu Ckm dr Achmad Dodi M adalah para personel nakes Rumkitbant 04.08.01 Cilacap

Materi dalam sosialisasi itu adalah beberapa penyakit yang umum seperti diabetes mellitus, penyakit jantung coroner, dan hipertensi. Penyakit-penyakit tersebut masuk dalam penyakit degeneratif atau penyakit karena kemunduran fungsi-fungsi organ-organ tubuh manusia.

Kemunduran fungsi organ tubuh itu lazimnya pada mereka yang di usia sekitar 40 tahun ke atas. Kemunduran fungsi organ tubuh itu terjadi apabila tidak melaksanakan pola hidup dan pola makan yang sehat dan teratur.

Suasana sosialisasi kesehatan tentang dampak penyakit degeneratif di Aula Satya Kartika Makodim 0703/Cilacap, Senin (6/2/2023). (dok Rumkitbant 04.08.01)

Lettu Ckm dr Achmad Dodi M mengatakan, kegiatan tersebut bermaksud agar dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman seputar penyakit-penyakit degeneratif. Misalnya, ujarnya, seperti hipertensi, diabetes mellitus, dan jantung coroner.

“Agar dapat mengantisipasi dan melaksanakan upaya pencegahan penyakit dan deteksi penyakit sedini mungkin,” ujar Lettu Ckm dr Achmad Dodi M.

Salah satu peserta Sertu Yahya mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. “Kebetulan kami (saya, red) mengidap penyakit hipertensi sehingga jadi tahu bagaimana seharusnya penanganan hipertensi,” ujarnya.

Diketahui, kegiatan ini dalam rangka menyosialisasikan kepada prajurit dan PNS TNI tentang bahaya penyakit degenerative. Selain itu untuk mengetahui upaya pencegahan dalam menjaga pola makan dan pola hidup yang lebih sehat.

Berita Terkait

Berita Terkini