Jumat, 2 Desember 2022

Sejumlah Rumah di Mrebet Porak-poranda, Diterpa Angin Puting Beliung

Kondisi salah satu bangunan di Desa Karangnangka, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga setelah terkena angi puting beliung. (dok istimewa)

Hujan mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Purbalingga beberapa hari belakangan. Namun, pada Rabu (15/09/2021) sore, hujan turun disertai angin kencang. Hal itu mengakibatkan di sejumlah rumah di Desa Karangnangka, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga porak poranda.


Purbalingga, serayunews.com

Ketua BPBD Kabupaten Purbalingga, M Umar Fauzi mengatakan, angin kencang melanda wilayah Desa Karangnangka, Mrebet, Rabu sore. Peristiwa itu mengakibatkan empat rumah dan kantor PDAM rusak. Kerusakan didominasi pada bagian atap.

“Sejumlah rumah terdampak angin tersebut, tapi yang pasti empat rumah dan kantor PDAM Kecamatan Mrebet,” kata Umar, Kamis (16/09/2021) pagi.

Rabu petang, personel BPBD dibantu relawan dan pada warga bersama-sama mengevakuasi rumah-rumah terdampak. Kerusakan rumah selain karena terpapar angin, juga diperparah dengan robohnya pohon.

“Kerugian secara keseluruhan masih dirinci,” ujarnya.

Mengingat cuaca yang sedang tidak bersahabat, masyarakat diminta lebih waspada. Sebagai langkah antisipasi, bisa memeriksa kondisi atap rumah. Selain itu, perlu memangkas ranting atau batang pohon. Terutama yang berada di dekat-dekat rumah.

Umar menambahkan, di Kabupaten Purbalingga, terdapat sejumlah wilayah yang berpotensi diserbu angin puting beliung. Di antaranya Bukateja, Kemangkon, Kejobong, Pengadegan, Rembang, Karanganyar, Kaligondang, Purbalingga, Mrebet, Bojongsari, Bobotsari, Kertanegara, Karangmoncol.

“Masyarakat diimbau lebih waspada lagi, salah satunya dengan memperhatikan pohon yang ada di sekitar area rumah, bisa dipangkas batang-batangnya,” kata dia.

Berita Terpopuler

Berita Terkini