Rabu, 25 Mei 2022

Siaga SAR Khusus Lebaran, Basarnas Cilacap Terjunkan Puluhan Personel

Siaga SAR Khusus Lebaran, Basarnas Cilacap Terjunkan Puluhan Personel

Puluhan personel Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Cilacap diterjunkan dalam rangka siaga SAR Khusus Lebaran tahun 2022 ini. Untuk mempersiapkannya, Basarnas Cilacap lakukan apel gelar pasukan di halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Senin (25/4/2022).


Cilacap, serayunews.com

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap I Nyoman Sidakarya dalam membacakan sambutan Kepala Basarnas menyampaikan, bahwa mudik tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas warga masyarakat sehingga perlu diantisipasi.

“Kesiapsiagaan SAR dalam rangka Siaga SAR Khusus Lebaran adalah agenda yang kita laksanakan setiap tahun, dengan selalu semangat untuk meningkatkan koordinasi, kesiapan personel, peralatan, keterampilan, kesigapan untuk peningkatan kecepatan waktu tanggap (respons time) dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19,” ujarnya.

Baca juga  Wujud Toleransi Umat Kristiani dan Muslim di Desa Toyareka Purbalingga

Kepala Basarnas juga menekankan kepada Petugas Siaga SAR Khusus Lebaran tahun 2022/1443 H, agar tetap semangat, menjaga kesehatan, dan melaksanakan kewajiban dengan penuh tanggung jawab.

“Saya yakin kita semua telah melaksanakan dengan baik sesuai misi dan visi, sekali lagi, terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Kansar sebagai garda terdepan, kalian semua menjadi kebanggaan pimpinan,” ujarnya.

Apel gelar pasukan ini bertujuan untuk memastikan kesiapan personel sarana dan prasarana serta peralatan SAR yang di gunakan dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus Lebaran 2022, Basarnas Cilacap mengerahkan seluruh anggota berjumlah 64 personel dan termasuk Unit Siaga SAR Banyumas.

Baca juga  Perhatian! Banyak Kamera Pengawas, Pemkab Bakal Sita KTP Pengguna Jalan yang Kasih Uang ke Pengemis di Purwokerto

Selain mengerahkan 64 personel, Basarnas Cilacap juga menyiagakan sarana dan prasarana dan peralatan SAR yang ada di antaranya 3 unit RIB (Rigit Inflatable Boat), Rescue Car, Rescue Carrier, Rescue Car Compartement, Rescue Truck Compartement, ATV Big Patrol, Rubber Boat, Jukung Katir dan Peralatan SAR lainya.

“Kita juga menyiagakan peralatan AquaEye, Rescue Net dan Underwater Searching Device untuk pengamanan di objek wisata air ataupun laut yang berfungsi untuk pendeteksi benda di dalam air,” ujar Nyoman.

Siaga SAR Khusus Lebaran tahun 2022 ini akan dilaksanakan selama 21 Hari, dimulai sejak 22 April 2022 sampai 12 Mei 2022 dan puncak arus mudik di perkirakan akan terjadi pada 28 April sampai 7 Mei 2022.

Baca juga  Remaja Tenggelam di Sungai Bogowonto Purworejo Ditemukan Tewas

“Selama kegiatan ini kita lakukan pengamanan dan pemantauan arus mudik di titik rawan kemacetan dan kecelakaan serta pengamanan di objek wisata dan pantai di wilayah kerja kita,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga selalu koordinasikan dengan pihak terkait seperti Polri, TNI, Dinas Perhubungan dan lainya. Sehingga apabila membutuhkan jasa SAR agar hubungi Call Senter 115 dan nomor +62 822-1151-1544 selalu siaga on call.

“Siaga SAR khusus Basarnas ini lebih kepada melakukan evakuasi dan penanganan medis darurat baik korban kecelakaan maupun kondisi yang membahayakan manusia. Siaga SAR khusus ini serentak dibuka oleh Kepala Basarnas yang dilaksanakan oleh 44 UPT Basarnas tak terkecuali Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Cilacap,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini