Senin, 23 Mei 2022

Sidak Gudang Distributor Elpiji, DPRD Purbalingga Berikan Warning

Petugas di PT Serayu Gas Abadi di Desa Kedungjati, Kecamatan Bukateja mempersiapkan pasokan elpiji 3 kg yang akan didistribusikan untuk memenuhi kebutuhan selama liburan lebaran di Kabupaten Purbalingga. (Joko Santoso)

Komisi II DPRD Purbalingga melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke gudang distributor elpiji PT Serayu Gas Abadi di Desa Kedungjati Kecamatan Bukateja Rabu (27/4/2022). Tujuan sidak adalah untuk menjamin ketersediaan elpiji di masa liburan Lebaran.


Purbalingga, serayunews.com

“Kami memberikan warning kepada distributor elpiji di Purbalingga. Jangan ada permainan. Baik terkait keamanan stok di liburan Lebaran. Selain itu juga tentang stabilitas harga. Kami minta selama liburan Lebaran ini stok elpiji baik 3 kg maupun 12 kg aman,” kata Ketua Komisi III DPRD Purbalingga, Tongat, di sela-sela sidak tersebut.

Baca juga  Pemudik Wajib Tahu, Ini Titik Rawan Kecelakaan di Wilayah Purbalingga 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Purbalingga Johan Arifin yang mendampingi sidak tersebut menyampaikan dalam rangka Persiapan lebaran Kabupaten Purbalingga telah mendapatkan tambahan alokasi 2% semenjak awal Ramadan. Selanjutnya telah dialokasikan penambahan 8% pada H-10 s/d H+10 Lebaran.

“Sehingga ketersediaan harian di Kabupaten Purbalingga mencapai 32.208 tabung yang tersebar pada 18 agen dan terbagi menjadi 281 pangkalan,” ungkapnya.

Selain itu juga telah disediakan 140 pangkalan siaga yang ditunjuk oleh Pertamina yang tidak boleh libur dalam rangka pelayanan kepada masyarakat.

Koordinator Agen Hiswana Migas Purbalingga, Hendy Sedyo Mulyo menyampaikan, pasokan elpiji untuk Purbalingga dipastikan aman. Momen Idulfitri tahun ini pasokan elpiji 3 Kg ditambah sampai delapan persen.

Baca juga  Bangkitkan Perekonomian Warga Lereng Semeru, Pertamina Cilacap Bangunkan Kandang Ternak Komunal

“Purbalingga akan mendapatkan alokasi tambahan pasokan elpiji 3 kilogram sebanyak 56.201 tabung dari Pertamina,” kata Hendy.

Dia menjelaskan, untuk pasokan normal, tiap bulannya Kabupaten Purbalingga mendapatkan alokasi elpiji 3 kilogram dari Pertamina sebanyak 702.520 tabung. Rata-rata setiap hari sebanyak 27.020 tabung. Di Kabupaten Purbalingga sendiri ada 17 agen elpiji 3 kilogram dan memiliki 1.821 pangkalan.

“Jadi minimal di setiap desa ada dua pangkalan elpiji 3 kilogram,” imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini