Sabtu, 8 Oktober 2022

Sosialisasi pada Mitra Kerja, PT KPI RU IV Cilacap Pastikan Tata Nilai AKHLAK sebagai Pedoman Seluruh Pekerja

Sosialisasi Tata nilai BUMN, AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) dengan inisiator Agent of Change (AOC) RU IV di gedung Patra Graha, Cilacap, Jumat (9/9/2022).

Tata nilai BUMN, AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif) terus disosialisasikan secara masif di internal PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap. Tak terkecuali para mitra kerja yang menjadi bagian dari pekerja PT KPI RU IV juga menjadi sasaran sosialisasi AKHLAK di gedung Patra Graha, Cilacap, Jumat (9/9/2022).


Cilacap, serayunews.com

Inisiator kegiatan ini adalah Agent of Change (AOC) RU IV sebagai wadah pekerja milenial dan fungsi Human Capital (HC). Selain itu ada sekitar 100 mitra kerja dari berbagai fungsi dan bagian yang juga mengikuti kegiatan tersebut.

“Salah satu misi penting AOC adalah menyebarluaskan tata nilai AKHLAK. Tentunya dengan gaya khas milenial yang kekinian,” kata Kresno Wijoyonegoro, Ketua AOC RU IV Cilacap.

Kresno menjelaskan, AKHLAK merupakan tata nilai yang peresmiannya oleh Menteri BUMN, Erick Thohir pada Juli 2020 lalu. AKHLAK menggantikan 6C (Clean, Competitive, Confident, Customer Focus, Commercial dan Capable).

“Mitra kerja juga bagian dari keluarga besar Pertamina. Maka sosialisasi AKHLAK juga kami berikan kepada mereka sebagai pedoman dan budaya kerja sehari-hari,” imbuhnya.

Senada Unit Manager HC RU IV, Yudhistiro Tri Prakoso mengatakan, tata nilai AKHLAK merupakan fondasi utama setiap pekerja. Khususnya saat menjalankan tugas di perusahaan. Selain itu sebagai bentuk implementasi peran aktif dalam proses bisnis perusahaan, khususnya di Pertamina.

“Jadi siapapun yang bekerja di Pertamina, apapun status pekerjanya, wajib menerapkan tata nilai ini dengan penuh tanggung jawab,” katanya.

Sementara itu sosialisasi AKHLAK secara khusus oleh tim AOC, Fauzi dan Fauzan, dengan metode paparan dan diskusi interaktif. Beberapa poin penting paparan tersebut antara lain terkait target Culture Pertamina dalam penerapan AKHLAK yang menggantikan 6C. Seperti mendukung pencapaian aspirasi Pertamina, tercapainya strategic objective Pertamina, mendorong impelementasi holding migas yang efektif, serta berdampak pada pencapaian unit kerja.

Selanjutnya strategi pencapaian visi dan aspirasi Pertamina di antaranya melalui Leaders Behaviour meliputi Role Model dan Agile Leaders, Culture Initiatives terdiri dari High Performance Culture dan Akhlak sebagai nilai utama Pertamina, serta Organization Capability yang mencakup Kapabilitas Organisasi, RASCI Matrix dan Key Performance Indicator (KPI), infrastruktur teknologi, dan Continuous Improvement Program (CIP).

Penutupan acara dengan kuis interaktif online dan pembagian doorprize, bagi para peserta yang beruntung.

Berita Terpopuler

Berita Terkini