Kamis, 1 Desember 2022

Suasana Kebatinan Kader PKS Banyumas Condong ke Anies Baswedan

Ketus DPD PKS Banyumas, Setya Arinugroho (Dok Setya Ari)

Meskipun secara resmi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) belum menyatakan dukungan terhadap Anies Baswedan sebagai calon presiden, namun suasana kebatinan kader dan pengurus DPD PKS Banyumas sudah condong ke Anies. Aspirasi dukungan terhadap Anies banyak disampaikan kader maupun pengurus ke DPD PKS Banyumas.


Purwokerto, serayunews.com       

Ketua DPD PKS Banyumas, Setya Arinugroho mengatakan, saat ini sudah terbentuk tiga relawan Anies di Banyumas yaitu Jaringan Nasional Relawan Anies Baswedan (Jarnas), Anies Baswedan Club (ABC), dan Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES). Dari tiga jaringan tersebut, semuanya melibatkan kader dan pengurus PKS Banyumas. Setya Ari sendiri tergabung sebagai pembina relawan ANIES.

“Relawan Anies lainnya mungkin banyak, tetapi yang sudah memproklamirkan diri dan pergerakannya nyata baru ada tiga yaitu Jarnas, ABC, dan ANIES,” jelasnya, Minggu (30/10/2022).

Lebih lanjut Setya Ari mengatakan, dari aspirasi maupun usulan kader dan pengurus PKS Banyumas baik yang menyampaikannya secara langsung ke pengurus, ataupun sampai kepada pergerakan melalui relawan. Sebagian besar mengarahkan dukungan kepada Anies Baswedan. Terkait DPP yang sampai hari ini belum memutuskan dukungan kepada siapapun, kata Setya Ari, karena masih banyak hal yang perlu pertimbangan. Menurutnya, pilpres tidak sekadar dukung-menduung saja, tetapi juga harus ada perhitungan, kesepakatan, komitmen yang harus terbangun terlebih dahulu.

“Kalau menurut saya, tidak ada alternatif lain bagi PKS selain Pak Anies. Sebab, ke Prabowo kita sudah pernah dan ada pengalaman serta pelajaran yang kita petik dari situ. Komitmen dari demokrasi yang sehat, idealnya pihak yang kalah ya…mengawasi bersama dengan rakyat, karena suara rakyat dalam pilpres merupakan amanat, terlepas dari hasil pilpres sendiri. Jadi bukan maju pilpres berujung menjadi menteri, ini pendapat saya selaku pribadi,” tuturnya.

Perlihatkan Prestasi

Sedangkan untuk calon lain yang juga muncul seperti Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Setya Ari menyatakan, angka kemiskinan di Jateng masih ekstrem. Hal tersebut sudah cukup menjadi bukti akan kinerja pemimpin.

Terkait sosok Anies Baswedan sendiri, menurutnya, dinamika di DKI lebih kompleks dan sosok Anies tetap mampu memperlihatkan prestasi sebagai seorang pemimpin. Anies juga memiliki sikap negarawan yang baik, tidak mudah tersulut emosi. Anies bisa diterima oleh seluruh umat baik muslim maupun non muslim dan intelektualitas serta kredibilitasnya juga sudah teruji.

“Pak Anies ini sosok negarawan, progam-programnya mampu menyentuh rakyat. Menyikapi aksi unjuk rasa dengan matang dan hubungan dengan umat sangat baik,” ucapnya.

Setya Arie juga mengaku selalu memantau pergerakan relawan. Untuk relawan ANIES sendiri saat ini sudah sampai tahap membangun jaringan di kecamatan dan desa-desa. Sejauh ini pergerakan relawan masih sebatas pada komunitas umat, seperti aktivis Islam, ormas Islam, dan sejenisnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini