Senin, 4 Juli 2022

Tanamkan Budaya Literasi Usia Dini, Korwilcam Banjarnegara Gelar Lomba Cerpen Murid SD

Tanamkan Budaya Literasi Usia Dini, Korwilcam Banjarnegara Gelar Lomba Cerpen Murid SD

Dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi, Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Banjarnegara melalui Korwilcamdikpora Kecamatan Banjarnegara, menggelar Lomba Literasi Jenjang Sekolah Dasar (SD) dengan fokus pada cabang Cipta dan Baca Puisi, serta Menulis Cerpen.


Banjarnegara, Serayunews.com

Dalam lomba tersebut, untuk cipta dan baca puisi diikuti oleh 26 peserta. Sedangkan menulis cerpen, ada 29 peserta. Mereka merupakan perwakilan dari sekolah dasar di Kecamatan Banjarnegara.

Ketua Panitia, Annie Laila M mengatakan, tujuan lomba literasi antara lain untuk memilih calon wakil dari kecamatan Banjarnegara untuk mengikuti lomba di tingkat Kabupaten

Baca juga  Israel Lolos ke Piala Dunia U20 di Indonesia Tahun Depan

“Kegiatan ini juga dapat digunakan sebagai upaya pengembangan literasi sekolah, sekaligus menjaring talenta-talenta penulis yang masih tersembunyi,” katanya.

Setelah melalui penilaian dengan saksama oleh dewan juri, untuk Lomba Cipta Baca Puisi juara 1 : Rahma Aulia Yuaris Al Majidy (SD Negeri 1 Krandegan), juara 2 : Apsota Saeful Mukadas (SD Negeri 2 Kutabanjarnegara), juara 3 : Reva Nafida Anggraeni (SD Negeri 1 Sokayasa).

Sementara, untuk mata lomba Menulis Cerpen, juara 1 : Fadey Arkana Bintara Valiant (SD Negeri 4 Krandegan), juara 2 : Sauzan Elysia Arrayan (SD Negeri 1 Krandegan) dan juara 3 : Jonaritza Tsany Puspita L (SD IP Tunas Bangsa).

Baca juga  10 Parpol di Banjarnegara, Digelontor Banpol Rp1,58 Milliar

Ketua dewan juri menulis cerpen, Wahyuning Widhiati, sangat mengapresiasi para peserta. Bahkan dia menilai, antusiasme dan kemampuan peserta cukup bagus.

“Anak-anak sangat berbakat. Sedikit catatan yang harus diperhatikan adalah dalam membangun konflik yang belum terasah dan penyajian harus terus diasah,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini