Sabtu, 18 September 2021

Tiga Bocah SD Terseret Arus Sungai Pemali, 2 Selamat dan 1 Hilang, Begini Kronologinya

Tim sar dan warga setempat sedang mencari korban tenggelam di Sungai Pemali. (Dok istimewa)

Tiga pelajar Sekolah Dasar (SD) dikabarkan terseret arus Sungai Pemali di Desa Lengkong Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes Jawa Tengah, Senin (13/09). Dalam kejadian tersebut, dua anak berhasil diselamatkan penambang pasir namun satu anak masih dalam pencarian.


Brebes, serayunews.com

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap I Nyoman Sidakarya mengatakan, pihaknya mendapat informasi dari BPBD Brebes pada Senin (13/09) sekitar pukul 16.10 WIB terkait pelajar tenggelam tersebut. Kemudian pihaknya langsung memberangkatkan satu regu ke lokasi kejadian beserta peralatan lengkap di air.

Menurut Nyoman berdasar informasi dari Kuntoro (42), pertama kali kejadian pada Senin (13/09) sekitar  lukul 09.30 WIB saat korban bersama rekannya sedang asyik mandi di aliran Sungai Pemali, tepatnya di penambangan perahu Desa Lengkong Kecamatan  Wanasari Kabupaten Brebes.

“Kemudian sekitar pukul 11.30 WIB saksi mendengar teriakan dari ketiga anak tersebut dan  ternyata tenggelam, kemudian bergegas menolong. Dua anak berhasil diselamatkan sedangkan satu anak  yang bernama Sigi tidak berhasil diselamatkan dan segera memanggil Kliwon (penambang pasir) yang kebetulan ada diseberang lokasi dan dilakukan pencarian,” ujar Nyoman dalam keterangannya.

Adapun Kedua rekanya yang selamat bernama Ismail (11) Warga Desa Glonggong dan Ilman (11) Warga Desa Lengkong Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Sedangkan Korban dalam pencarian bernama Sigit Nur Ismail (11) Warga Desa Lengkong Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes.

Nyoman menambahkan, untuk menuju ke lokasi Basarnas Cilacap menempuh perjalanan selama empat jam perjalanan dan tim sampai dilokasi langsung bergabung dengan potensi SAR lainya dan melakukan pemantauan di sekitar lokasi kejadian untuk membuat rencana Operasi SAR pada besok pagi dan cuaca di sekitaran lokasi kejadian hujan gerimis.

“Rencana pencarian pada besok Selasa (14/09) kita lakukan penyisiran darat dan sungai menggunakan perahu karet dan di bantu perahu penambang pasir milik warga setempat, apabila arus sungai memungkinkan akan kita lakukan penyelaman di lokasi kejadian,” ujarnya.

Dalam pencarian melibatkan unsur SAR Gabungan terdiri Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Polsek Wanasari, Koramil Wanasari, BPBD Brebes, PMI Brebes, SAR Brebes, OCC dan Perangkat Desa setempat.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini