Jumat, 9 Desember 2022

Tinggi, Partisipasi Masyarakat di Pilkades Serentak Purbalingga

 

Masyarakat antre melaksanakan hak pilih di pilkades Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga, Minggu (20/11/2022). (Joko Santoso)

Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak tahap pertama di Kabupaten Purbalingga, Minggu (20/11/2022) secara umum berjalan lancar. Antusiasme dan partisipasi masyarakat untuk melaksanakan hak pilih di desa yang melaksanakan perhelatan politik tingkat desa tersebut juga termasuk tinggi.


Purbalingga, serayunews.com

“Hasil pantauan kami mulai di Desa Jetis Kecamatan Kemangkon hingga ke sejumlah desa di Kecamatan Bukateja dan Kejobong, antusiasme masyarakat cukup tinggi. Saat kami datang, 70 persen warga yang memiliki hak pilih sudah berada di tempat pemungutan suara (TPS) untuk melaksanakan hak pilihnya,” kata Asisten Bidang Hukum dan Pemerintahan Sekda Purbalingga, Imam Wahyudi, yang memantau pelaksanaan pemungutan suara di pilkades serentak, Minggu (20/11/2022).

Dari pelaksanaan pantauan ke sejumlah desa di wilayah Kemangkon, Bukateja, Kejobong, Pengadegan, Rembang, dan Karanganyar, proses pemungutan suara di semua desa berjalan lancar. Meskipun pada awalnya ada yang dinilai sedikit ketidaksempurnaan. Namun ternyata di saat-saat terakhir, setelah dilakukan monitoring dan perbaikan pentahapan maupun persyaratan dan dilakukan pembetulan, baik yang berkaitan dengan DPT, kesiapan panitia, dan kesiapan TPS, masing-masing desa telah menyiapkan dengan baik.

“Saya yakin pelaksanaan pilkades serentak kali ini berjalan baik dan lancar,” tuturnya.

Sementara itu Wabup Sudono bersama Ketua DPRD HR Bambang Irawan juga melakukan pemantauan pemungutan suara pilkades di sejumlah desa. Di antaranya di Desa Karangbanjar Kecamatan Bojongsari dan Desa Babakan Kecamatan Kalimanah.

“Calon kades harus jaga kondusivitas. Harus siap menang dan siap kalah,” kata wabup.

Hingga berita ini ditulis, penghitungan suara di pilkades serentak tahap pertama masih dilaksanakan. Kontestasi tersebut digelar di 31 desa di 15 kecamatan.

 

Editor :Kholil

Berita Terpopuler

Berita Terkini