Sabtu, 25 Maret 2023

Vietnam Diuntungkan Jadwal, Bisa Pilih Lawan di Semifinal AFF 2022

Ilustrasi bola. (Sumber jarmoluk/pixabay.com)

Vietnam untung dengan jadwal AFF 2022. Sebab, Vietnam yang main di grup B memiliki kesempatan untuk memilih lawan.

Grup A bakal menyelesaikan rangkaian pertandingannya pada Senin (2/1/2023). Grup A terdiri atas Indonesia, Thailand, Kamboja, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Sehingga, pada Senin (2/1/2023) malam, siapa yang menjadi juara dan runner up grup A sudah terlihat. Sementara, grup B akan menyelesaikan rangkaian pertandingannya pada Selasa (3/1/2023).

Grup B terdiri atas Vietnam, Singapura, Malaysia, Myanmar, dan Laos. Dari kelima tim itu, dua nama terakhir sudah pasti gagal lolos ke semifinal.

Di laga terakhir Selasa (3/1/2023) Vietnam akan melawan Myanmar dan Malaysia melawan Singapura. Malaysia dan Singapura akan main mati-matian.

Malaysia butuh menang untuk lolos ke semifinal. Sementara, Singapura hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke semifinal.

Sementara, Vietnam hanya perlu seri untuk lolos ke semifinal. Bisa saja Vietnam melihat situasi di grup A yang sudah terlihat juara dan runner up-nya.  Dengan begitu, Vietnam tinggal memilih apakah akan melawan juara grup atau runner up grup.

Maka, jika ingin memilih lawan di semifinal, Vietnam hanya perlu memainkan laga melawan Myanmar. Misalnya, jika ingin melawan juara grup A, maka Vietnam hanya perlu jadi runner up grup B. Caranya dengan main seri lawan Myanmar. Jika main seri, maka ada potensi Vietnam runner up grup B.

Sementara jika ingin melawan runner up grup A, Vietnam perlu mengalahkan Myanmar agar bisa jadi juara grup B. Mengalahkan Myanmar tentu saja bisa dilakukan Vietnam karena laga itu berlangsung di kandang Vietnam.

Berita Terkait

Berita Terkini