Sabtu, 20 Agustus 2022

Viral! Penumpang KA Purwojaya dari Stasiun Purwokerto, Diturunkan Paksa Karena Menerobos Pintu Boarding dan Belum Tes Covid-19

Penumpang KA Purwojaya dari Stasiun Purwokerto menerobos pintu boarding dan belum tes Covid-19

Seorang ibu-ibu calon penumpang KA Purwojaya relasi Stasiun Purwokerto-Gambir, diminta turun dari kereta, Jumat (29/7/2022). Petugas memaksa turun calon penumpang itu lantaran menerobos pintu boarding stasiun dan belum tes Covid-19.


Purwokerto, serayunews.com

Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Ayep Hanapi, membenarkan peristiwa yang sempat viral lewat unggahan video di TikTok tersebut.

Bermula sekitar pukul 15.45 WIB, penumpang tersebut melakukan boarding dan baru vaksin dosis ke dua. Dari pengakuannya, calon penumpang tersebut belum bisa vaksin dosis ke 3 karena alergi.

Baca juga  Oknum TNI di Banyumas Lakukan Percobaan Perampokan, Uang Karyawan Puluhan Juta Berhamburan di Jalan

Petugas di Stasiun Purwokerto, sudah mengarahkan yang bersangkutan untuk rapid tes antigen. Tetapi, calon penumpang itu tidak bersedia dan marah-marah.

“Sekitar pukul 15.48 WIB, penumpang lari menerobos ke boarding dan naik ke dalam rangkaian KA Purwojaya. Hingga pukul 16.02 WIB, KA Purwojaya belum bisa berangkat karena calon penumpang tersebut tidak bersedia turun. Sehingga, KA Purwojaya mengalami keterlambatan sekitar 16 menit,” katanya, Sabtu (30/7/2022).

Setelah terjadi perdebatan beberapa menit, calon penumpang tersebut akhirnya bersedia turun dan diarahkan untuk rapid tes antigen untuk melanjutkan perjalanannya dengan menumpang KA Senja Utama Solo.

Baca juga  Catat Tanggalnya! Hadirkan Promo Merdeka, PT KAI Jual Tiket Kereta Cuma Rp 17 Ribu

“Sesuai SE Kementerian Perhubungan Nomor 72 Tahun 2022, syarat naik KA Jarak Jauh, yaitu jika pelanggan telah melakukan vaksin ketiga (booster), maka tidak perlu menunjukkan hasil negatif screening Covid-19. Namun, jika pelanggan hanya vaksin kedua, maka wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1×24 jam atau tes RT-PCR 3×24 jam,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini