Sabtu, 2 Juli 2022

Wabup Banyumas Ajak Semua Kalangan Jaga Pancasila dan NKRI  

Wabup Banyumas Sadewo Tri Lastiono (kanan) saat berbincang dengan Gus Nuril. Foto: dok pribadi

Dalam berbagai kesempatan Wakil Bupati Banyumas, Sadewo Tri Lastiono selalu mengajak berbagai pihak untuk terus menjaga dan merawat Pancasila dan NKRI. Hal ini pula yang membuatnya dekat dengan Panglima Tertinggi Patriot Garuda Nusantara (PGN), KH Nuril Arifin atau yang biasa disapa Gus Nuril.


Purwokerto, Serayunews.com

Beberapa waktu lalu Gus Nuril bahkan menggelar acara ngopi bareng sekaligus pengajian di pendopo wakil bupati yang juga dihadiri oleh Wabup Sadewo. Suasana keakraban antara keduanya terlihat, baik sebelum acara maupun selama acara berlangsung.

Baca juga  Polisi Bekuk Begal yang Sering Beraksi di Purwokerto, Begini Modusnya

Dalam berbagai kesempatan Gus Nuril kerap menegaskan bahwa siapapun yang mengusik NKRI maka akan berhadapan dengan dirinya. Hal tersebut juga selalu ia tekankan kepada para anggota PGN di berbagai daerah.

“Karena kami memiliki kecintaan yang sama terhadap Pancasila dan NKRI, maka dalam berbagai obrolan sangat nyambung,” tutur Sadewo.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Ketua II PGN Kabupaten Banyumas, Mijil Gangsar Saputro. Menurutnya, PGN merupakan ormas yang selalu terdepan dalam memerangi radikalisme, demi menjaga keutuhan NKRI. PGN juga sekaligus menjadi rumah kebangsaan, karena anggotanya yang mempunyai beraneka ragam latar belakang.

Baca juga  54 Sapi Positif PMK, Dua Pasar Hewan di Banyumas Ditutup Selama Dua Minggu

Wabup Sadewo sendiri menjabat sebagai pembina atau penasihat PGN Banyumas, sehingga kerap terlibat dalam kegiatan PGN. Terlebih jika ada peristiwa atau muncul gerakan-gerakan radikal yang merugikan masyarakat dan membahayakan NKRI, maka Sadewo akan langsung turun untuk meredamnya.

“Interaksi PGN dengan Pak Wabup cukup intens dan beliau selalu mendukung kegiatan kita, terlebih lagi jika hal tersebut menyangkut menjaga keutuhan NKRI dan memerangi radikalisme. Sepanjang beliau sedang tidak ada tugas yang berkaitan dengan pemerintahan, mengingat padatnya aktivitasnya, maka Pak Wabup pasti akan menyempatkan hadir jika diundang dalam acara PGN,” kata Mijil.

Baca juga  Peringati Hari Lingkungan Hidup, KOKERMA Purwokerto Lepasliarkan Burung

Mijil mencontohkan, beberapa tahun lalu saat ada Musda FPI di Tegal, PGN Banyumas berangkat ke Tegal dan Wabup Sadewo memberi dukungan penuh. Begitu pula saat kedatangan Nur Sugik di Sokaraja dan PGN turun ke lokasi untuk memantau, dukungan dan suport juga diberikan Sadewo kepada anggota PGN yang sempat bersitegang dengan para pendukung Nur Sugik.

“Jika ada gerakan-gerakan yang mengarah pada radikalisme dan mengancam keutuhan NKRI, Pak Wabup pasti akan satu barisan bersama PGN untuk memeranginya,” ungkapnya.

Berita Terkait

Berita Terkini