Jumat, 24 September 2021

Warga Wanareja Ini Terbangun Saat Hawa Panas Api Dari Tungku Mulai Membakar Rumahnya

Kondisi rumah. (dok istimewa)

Rumah Warga di Desa Bantar Kecamatan Wanareja nyaris ludes terbakar dilalap si jago merah pada Rabu (11/08) malam sekitar pukul 22.15 WIB. Kebakaran meludeskan bangunan dapur beserta isinya dan nyaris membakar seluruh bangunan rumah.


Wanareja, serayunews.com

Kepala UPT Damkar Cilacap Supriyadi menyampaikan, peristiwa kebakaran menimpa rumah milik Siti Ariani (42)  warga Dusun Babakan RT 04 RW 04 Desa Bantar Kecamatan Wanareja Cilacap. Kebakaran yang menimpa rumahnya terjadi pada Rabu malam saat pemilik rumah sedang tidur.

“Sekitar pukul 22.15 WIB, pemilik rumah baru selesai memasak di tungku dapur, kemudian di tinggal tidur, tidak berselang lama terdengar suara kayu seperti terbakar, kemudian bangun dan melihat api sudah membesar dan teriak minta tolong,” ujar Supriyadi dalam keterangannya, Kamis (12/08/2021).

Setelah mendengar teriakan pemilik rumah, kemudian warga berdatangan dan membantu memadamkan api dengan alat seadanya, dan sekitar 30 menit kemudian api bisa dipadamkan. Setelah menetahui kejadian tersebut, dua personel petugas Pos Damkar Majenang mendatangi lokasi melakukan pendataan.

“Tidak ada korban jiwa, penyebab kebakaran dari nyala tunggu, kebakaran menghanguskan perabotan dapur, atap dan dinding dapur terbuat dari bahan kayu, kerugian ditaksir sekitar Rp 10 juta,” ujarnya.

Petugas menghimbau kepada masyarakat agar selalu hati-hati saat menyalakan api tungku, agar sebelum ditinggal bisa dipastikan  api atau bara api dalam keadaan mati, sehingga tidak menimbulkan percikan api yang dapat menyebabkan kebakaran. Selain itu, apabila terjadi kebakaran untuk bisa menghubugi petugas pada Satpol PP Cilacap dinomor (0282) 534093 atau melalui Pos Damkar dan Aplikasi Satkar Taru, sehingga kebakaran bisa ditanggulangi dengan segera.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini