Sabtu, 2 Juli 2022

Wujud Rasa Syukur, Warga Desa Jepara Kulon di Cilacap Gelar Merdi Bumi

Tradisi merdi bumi
Tradisi merdi bumi. (Foto: Irfan)

Sebagai wujud rasa syukur atas melimpahnya rejeki, warga Desa Jepara Kulon, Binangun, Cilacap menggelar tradisi Merdi Bumi, Kamis (16/6/2022). Warga pun antusias mengikuti prosesi upacara adat tersebut, di rumah kepala desa setempat.


Binangun, serayunews.com

Kades Jepara Kulon, Sahid mengatakan, tradisi ini sudah turun-temurun, selama ratusan tahun.

“Ini sebagai wujud syukur kami atas limpahan rejeki,” katanya kepada serayunews.com, Jumat (17/6/2022).

Menurutnya, tradisi ini sangat pantang untuk tidak terselenggara. Karena selain menjadi wujud rasa syukur, Merdi Bumi juga sebagai sarana memohon keselamatan dan keberkahan desa. Oleh karena itu, tradisi ini wajib terlaksana setiap satu tahun sekali.

Baca juga  Cilacap PPKM Level 1, Kegiatan Belajar Mengajar Sudah Normal Lagi

“Sesuai dengan namannya, Merdi Bumi yang berarti selametan bumi. Bagi kami sangat sakral, karena mendoakan hasil bumi yang melimpah,” tuturnya.

Sahid menceritakan, acara bermula dengan membawa gunungan hasil bumi. Gunungan tersebut diarak dari Lapangan Jaga Raga menuju kediaman kepala desa. Para tokoh adat, perangkat desa l, hingga masyarakat pun ikut dalam arak-arakan tersebut.

“Kegiatan Merdi Bumi berlanjut dengan tradisi wayang kulit semalam suntuk. Kegiatan ini bagian dari nguri-uri budaya leluhur yang menjadi warisan dari nenek moyang Desa Jepara Kulon,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini