Sabtu, 13 Agustus 2022

44 Pusaka Dipamerkan di Pameran Kepurbakalaan Cilacap 

44 Pusaka Dipamerkan di Pameran Kepurbakalaan Cilacap

Pameran 44 pusaka berlangsung dalam rangka pameran kepurbakalaan dan jamasan pusaka Kabupaten Cilacap. Adapun ke-44 pusaka itu, terdiri atas 24 pusaka kamardikan dan 20 pusaka sepuh. Acara pameran tersebut, berlangsung di Pendapa Wijayakusuma Cakti, Sabtu (6/8/2022).


Cilacap, serayunews.com

Panitia Pameran Kepurbakalaan dan Jamasan Pusaka Kabupaten Cilacap, Pandu Bayu Laksono mengatakan, pameran pusaka tersebut merupakan serangkaian proses jamasan pusaka milik Pemkab Cilacap. Adapun pusaka ada dalam pameran itu terdiri dari tombak dan keris.

Baca juga  Terkuak! Kasus Dugaan Pencabulan Anak oleh Ayah Tiri di Bantarsari Cilacap, Polisi Amankan Seorang Tersangka

“Ada 24 pusaka milik ISI Surakarta dan 20 pusaka dari koleksi paguyuban Tosan Aji. Pusaka-pusaka milik paguyuban, merupakan pusaka sepuh sejak zaman kerajaan hingga abad 19,” katanya kepada serayunews.com, Sabtu (6/8/2022).

Ia menyebutkan, acara ini untuk mengenalkan potensi budaya di kabupaten Cilacap. Sehingga kegiatan pemajuan kebudayaan, dapat berjalan sesuai tata nilai estetika dan etika sekaligus mempromosikan daerah untuk meningkatkan daya tarik masyarakat.

“Tujuannya adalah melestarikan kebudayaan tradisional, khususnya keris yang memiliki nilai seni teknologi tradisional, pengetahuan tradisional, dan nilai-nilai budaya luhur. Serta mengajak siswa didik, untuk kembali mengenal warisan budaya,” tuturnya.

Baca juga  Jelang Purna Tugas Bupati Tatto Rombak Ratusan Pejabat di Pemkab Cilacap, Ini Alasannya

Sementara, prosesi jamasan pusaka milik Pemkab Cilacap akan berlangsung pada, Sabtu (6/8/2022) malam. Beberapa pusaka tersebut antara lain Tombak Ki Unggul Lampah, Tombak Kyai Kara Welang, Cundrik Pulanggeni, Songsong Agung Kyai Tunggul Naga, gong Nyai Ageng Galatri, dan Gangsa Laras Pembuka Jiwa.

Berita Terkait

Berita Terkini