Kamis, 29 September 2022

Ada 36 Ruas Jalan di Banjarnegara yang Jadi Prioritas Pembangunan

Secara umum, jalan di Banjarnegara sudah dalam kondisi baik. Namun, masih diperlukan pembangunan jalan kabupaten yang ada di Banjarnegara agar pertumbuhan ekonomi semakin meningkat.


Banjarnegara, Serayunews.com

Pembangunan infrastruktur jalan memang menjadi modal utama dalam pertumbuhan ekonomi. Berdasarkan data yang ada ada Dinas PU PR Banjarnegara, 80 persen jalan di Banjarnegara dalam keadaan baik. Namun, ada beberapa titik yang masih diperlukan dalam pembangunan.

Kepala Dinas PUPR Banjarnegara Yusuf Winarso mengatakan, untuk tahun 2022 ini, Dinas PU PR akan melakukan peningkatan jalan pada 36 ruas jalan prioritas dengan total anggaran Rp78,7 miliar. Jumlah tersebut termasuk untuk pelengkap bangunan pada 14 ruas jalan seperti talud, drainase, dan pendukung lainnya.

“Secara umum, klasifikasi jalan ini ada tiga, yakni baik, sedang, dan rusak. Jalan rusak sendiri masih terbaik dalam rusak sedang dan rusak berat. Sedangkan untuk persentase mantap jalan di Banjarnegara saat ini 72 persen dalam kondisi baik, sedangkan jalan dengan kondisi sedang ada 9,8 persen,” katanya.

Terkait dengan hasil pembangunan jalan di Banjarnegara hingga tahun 2021, dia mengatakan jika secara keseluruhan masih dalam tahap rekap. Hal ini dilakukan agar skala prioritas pembangunan jalan di tahun 2022 ini lebih terarah dan sesuai dengan ketentuan.

“Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang mencapai Rp211,6 miliar, anggaran untuk infrastruktur jalan tahun ini memang ada penurunan. Hal ini seiring dengan menurunnya angka kerusakan jalan di Banjarnegara,” katanya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini