Senin, 5 Desember 2022

Akibat Limpasan Bendungan Slinga Purbalingga, Debit Bendungan Gerak Serayu Naik Drastis

 

Terkait limpasan Bendungan Slinga, Sungai Klawing, Kabupaten Purbalingga, debit air di Bedung Gerak Serayu (BGS) mengalami peningkatan yang cukup drastis dibandingkan hari normal. Bahkan hingga sekarang BGS berstatus siap, Sabtu (12/12).


Banyumas, Serayunews.com

Kepala UPT BGS, Sugeng mengatakan, limpasan Bendungan Slinga yang mencapai 3,5 meter di atas mercu, sekitar pukul 17.30 WIB. Hal itu cukup berdampak pada BGS, mesti tidak secara langsung.

“Biasanya dampaknya terjadi tiga jam kemudian, sekarang sudah mulai naik memang. Mudah-mudahan aman terkendali,” ujar dia.

Meski belum ada peningkatan di BGS, untuk Pos Duga Air Banyumas elevasi airnya sudah mengalami peningkatan hingga menyentuh angka 17.

“Kalau menyentuh angka 17 levelnya sudah siap. Pos Duga jaraknya ke BGS itu sekitar 17 kilometer kemungkinan satu setengah jam baru sampai ke sini,” kata dia.

Saat ini lanjut Sugeng, untuk debit air di BGS mencapai 1.053 meter kubik per detik. Meningkat drastisnya tersebut juga disebabkan oleh trend dan elevasi air yang kembali meningkat dari hulu Sungai Serayu.

“Kalau hari normal itu hanya sekitar 300 hingga 500 meter kubik perdetiknya,” kata dia.

Berita Terpopuler

Berita Terkini