Minggu, 19 September 2021

Bandara JBS Purbalingga Bakal Buka Rute Baru, Yuk Cek Kemana Saja?

bandara jenderal besar soedirman beroperasi, operasional bandara jbs, jadwal operasional bandara jbs, rute bandara jbs, pembukaan bandara jbs, serayunews, serayu news, berita terkini, berita hari ini
Pesawat ATR-72600 milik maspakai Citilink melakukan uji coba penerbangan di Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) yang ada di Lanud Jenderal Besar Soedirman Desa Wirasaba Kecamatan Bukateja, Purbalingga. (dok istimewa)

Antusias masyarakat untuk menggunakan moda transportasi udara diharapkan semakin tinggi. Terlebih saat Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) semakin luas melayani rute penerbangan. Rencananya mulai akhir Juni ini, bakal dibuka rute baru yakni Jakarta – Purbalingga – Semarang dan sebaliknya.


Purbalingga, serayunews.com

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan, pada akhir Juni 2021 akan ada penerbangan baru di Bandara Jenderal Besar Soedirman. Lion Air Group melalui Wings Air telah menyatakan akan membuka rute baru yakni Jakarta – Purbalingga – Semarang dan sebaliknya.

“Pertemuan sudah dilakukan, dan dalam waktu dekat pada akhir Juni 2021 direncanakan Lion Air Group melalui Wings Air akan membuka rute Jakarta – Purbalingga – Semarang dan Semarang – Purbalingga – Jakarta,” kata Awaluddin, melalui siaran pers, Minggu (13/06/2021).

Awaluddin menambahkan, dengan bertambahnya rute dari dan Bandara JBS diharapkan dapat semakin mendukung aktivitas masyarakat termasuk  mendukung UMKM di Purbalingga dan daerah sekitar.

“Kami berterima kasih atas kolaborasi erat seluruh stakeholder sehingga utilisasi dan produktivitas Bandara Jenderal Besar Soedirman terus meningkat, di saat pengembangan bandara masih terus berlanjut,” kata dia.

Dia menjelaskan, Bandara JBS menjadi contoh yang baik dari semangat kolaborasi lintas instansi dalam menghadirkan bandara baru guna memperkuat konektivitas udara dan mendukung pertumbuhan perekonomian bagi masyarakat setempat.  Seluruh stakeholder saling bersinergi untuk tujuan yang sama yakni mendukung perekonomian dan mobilitas masyarakat Jawa Tengah khususnya di bagian barat dan selatan.

“Antusiasme masyarakat cukup tinggi di mana tingkat keterisian penumpang (load factor) untuk rute dari dan ke Jakarta saat baru dibuka mencapai 70 persen dan kini sudah meningkat ke 80 persen. Sementara untuk rute dari dan ke Surabaya dari sekitar 25 persen, saat baru dibuka, kini meningkat ke sekitar 40 persen,” katanya.

Sementara itu, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengatakan, seluruh pihak harus berkolaborasi dan bersinergi untuk semakin memajukan Bandara Jenderal Besar Soedirman.

“Proses pembangunan bandara ini memiliki sejarah panjang, dirintis sejak 15 tahun lalu dan akhirnya mimpi besar masyarakat Purbalingga memiliki bandara ini pada 1 Juni menjadi kenyataan. Tentunya bandara ini dibuat untuk seluruh masyarakat, dan kita masih punya PR untuk bersama-sama agar bandara ini semakin berkembang dan penerbangan semakin banyak,” ujar Bupati Purbalingga.

“Pariwisata merupakan sektor potensial hampir seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah bagian barat-selatan. Mudah-mudahan keberadaan bandara ini sebagai penunjang ke depannya dapat memberikan dampak signifikan, dampak yang baik untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di Jawa Tengah bagian barat-selatan,” kata Tiwi.

Baca juga Kepala Dibacok Kapak, Warga Binangun Cilacap Meregang Nyawa, Begini Kronologinya

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini