Kamis, 21 Oktober 2021

Bandara Soedirman Juga Akan Layani Penerbangan Purbalingga-Surabaya, Ini Jadwalnya

Maskapai penerbangan Citilink dengan pesawat ATR 72-600 akan melayani rute penerbangan Purbalingga-Jakarta dan Purbalingga-Surabaya di Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) Purbalingga mulai awal Juni 2021. (Dok)

Selain melayani rute penerbangan Purbalingga-Jakarta, Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) Purbalingga juga akan membuka rute penerbangan Purbalingga-Surabaya melalui maskapai Citilink. Rencananya penerbangan komersial akan dimulai pada Kamis (3/6/2021) mendatang.


Purbalingga, serayunews.com

“Ada dua rute penerbangan pulang pergi. Dari Purbalingga-Jakarta (Halim Perdanakusuma) dan Purbalingga-Surabaya (Juanda). Demikian infomasi yang kami terima dari pihak maskapai Citilink sebagai penyedia layanan penerbangan komersial,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Purbalingga, Yani Sutrisno, Jumat (28/5/2021).

Yani memaparkan Citilink melayani rute penerbangan Purbalingga-Jakarta dan Purbalingga-Surabaya seminggu dua kali. Masing-masing pada hari Kamis dan Sabtu.

Dijelaskan, rute Surabaya-Purbalingga pukul 09.30-11.05, Purbalingga-Jakarta pukul 11.50-13.10, Jakarta-Purbalingga pukul 13.40-14.50 dan Purbalingga-Surabaya pukul 15.15-16.50. Mengenai harga tiket bisa dicek di layanan pembelian tiket secara daring.

“Jika memang animo penumpang tinggi, maka jumlah penerbangan akan ditambah,” ungkapnya.

Terkait persiapan operasional Bandara Soedirman, menurut Yani, segala persiapan terus dilakukan. Mengenai rencana operasional perdana pada Selasa (1/6/2021) pihaknya masih menunggu informasi dari PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola bandara.

“Ada informasi tanggal 1 Juni dilakukan uji coba penerbangan. Sedangkan penerbangan komersial dimulai Kamis (3/6/2021). Kepastiannya menunggu informasi resmi dari PT AP II,” lanjutnya.

Yani menambahkan Jumat (28/6/2021) juga dilaksanakan simulasi pengoperasian bandara. Simulasi meliputi gladi masuknya penumpang ke terminal menuju pemberangkatan dan sebaliknya. Simulasi melibatkan semua pihak terkait dengan pengoperasian bandara tersebut.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) dalam kesempatan terpisah menyampaikan, dibukanya Bandara Jenderal Besar Soedirman yang berada di Lanud TNI AU Jenderal Besar Soedirman di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja, diharapkan bisa membangkitkan perekonomian di wilayah Purbalingga dan Jateng selatan bagian barat.

“Setelah beberapa kali tertunda, pembukaan Bandara Soedirman di awal Juni ini akan segera terealisir,” imbuhnya.

Baca juga Kondisi Terakhir ABK Philipina di RSUD Cilacap, Menteri PMK: Varian Baru Jadi Perhatian Pemerintah Pusat

Berita Terkait

Berita Terkini