Rabu, 5 Oktober 2022

Banjarnegara Rawan Bencana, RAPI Banjarnegara Gembleng Relawan 

Pelatihan mitigasi bencana bagi relawan RAPI Banjarnegara sebagai bagian dari kesiap siagaan relawan dalam menghadapi bencana, Kamis (15/9/2022). (Foto : dok RAPI Banjarnegara)

RAPI Banjarnegara menggelar bimbingan teknik SAR dan kemampuan pertolongan serta mitigasi bencana bagi relawan RAPI Banjarnegara. Pelatihan berlangsung di The Pikas Artventure Banjarnegara, Kamis hingga Sabtu (17/9/2022)


Banjarnegara, serayunews.com

Koordinator relawan RAPI Banjarnegara Tejo Sumarno membeberkan tujuan pembekalan pelatihan kemampuan mitigasi dan pertolongan bencana ini. Menurutnya, kegiatan itu untuk meningkatkan kemampuan para relawan saat bertugas. Apalagi, Banjarnegara merupakan daerah rawan bencana.

“Kita tetap menyiapkan personel, pelatihan ini sangat penting agar kemampuan serta insting relawan tetap terjaga,” katanya.

Menurutnya, pelatihan ini selama tiga hari. Materi pelatihan ini meliputi manajemen bencana, mitigasi, hingga pertolongan terhadap korban bencana.

Selain itu, para relawan ini juga nantinya dapat menjadi pioner dan ikut menyosialisasikan. Selain itu mengajak masyarakat untuk tetap waspada serta mengenal tanda bencana, termasuk menjaga kebersihan lingkungan serta pencegahan terhadap bencana khususnya tanah longsor.

“Kegiatan ini bagian dari upaya RAPI Banjarnegara dalam meng-upgrade kemampuan mitigasi bencana bagi anggota kami,” katanya.

Dengan begitu, maka para relawan RAPI harus tetap siaga dan siap terjun ke lapangan saat dibutuhkan.

Berita Terpopuler

Berita Terkini