Minggu, 28 November 2021

Begini Kisah Warga Jeruklegi Cilacap yang Akhirnya Bisa Lepas Setelah Dipasung Selama Satu Bulan

Petugas Puskesmas Jeruklegi I bersama Aprat TNI Polri berkoordinasi dengan keluarga untuk dirujuk berobat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Klaten, Senin (25/10). (dok istimewa)

Sapan (46) warga RT 01 RW 07 Desa Tritih Lor Kecamatan Jeruklegi Kabupaten Cilacap, dipasung selama satu bulan karena kambuh dari sakit jiwanya. Setelah mendapat ijin keluarga, akhirnya Petugas lepaskan jeratan pasung dan dirujuk berobat ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Klaten.


Jeruklegi, serayunews.com

Petugas dari Puskesmas Jeruklegi I bersama Aprat TNI Polri berkoordinasi dengan keluarga pasien dan berhasil melepas jeratan pasung yang mengikat kaki Sapan di dalam rumah, pada Senin (25/10). Warga ini terpaksa dipasung sebulan lamanya akibat penyakit jiwanya yang kambuh.

Menurut Petugas Kesehatan Puskesmas Jeruklegi I Ratna mengatakan, bawa orang yang mengalami gangguan jiwa khususnya di wilayah Kecamatan Jeruklegi bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan ditangani oleh petugas kesehatan yang membidanginya.

“Kegiatan ini merupakan programer keswa dari Puskesmas Jeruklegi 1 dan kita sudah kerjasama dengan pihak RSJ Klaten dan setelah mendapat persetujuan dari pihak keluarga, pasien akan kita rujuk ke RSJ Klaten. Saat ini pasien menunggu jemputan dari pihak RSJ Klaten,” ujar Ratna.

Petugas mendatangi Keluarga Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) ini juga untuk memberikan pemahaman kepada keluarga agar  mendukung dan mempermudah Petugas, sehingga pasien bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak dan baik untuk mempercepat pemulihan kesembuhannya.

“Tiga tahun yang lalu pasien pernah sakit jiwa, terus sembuh dan selama sebulan dipasung. kita bersama Bhabinkamtibmas dampingi petugas kesehatan untuk memberikan edukasi terhadap pihak keluarga terutama orang tuanya supaya mengijinkan pasien untuk dirujuk ke RSJ Klaten, dan Alhamdulillah pasien diijinkan, untuk di rawat di RSJ Klaten,” ujar Babinsa Koramil 02/Jeruklegi Sertu Suwadi Edo.

Editor :M Amron

Berita Terkait

Berita Terkini