Rabu, 5 Oktober 2022

Begini Kondisi Terakhir Pasca Bencana Banjir dan Longsor di Wanareja, Cilacap

Pengendara melintas pada area yang baru saja terkena bencana longsor di Wanareja, Cilacap pada Rabu (10/8/2022). (Dok BPBD Cilacap)

Bencana banjir dan longsor yang terjadi di 5 desa masuk Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap, Rabu (10/8/2022) perlahan mulai tertangani. Sehari berselang, kondisi genangan air pun terpantau telah surut.


Cilacap, serayunews.com

Selain banjir, penanganan tanah longsor yang sempat menutup ruas jalan kabupaten/jalur alternatif Adimulya – Malabar juga saat ini masih berlangsung pembersihan menggunakan alat berat. Hal itu seperti pernyataan Analis Kebencanaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap, Gatot Arif Widodo, Kamis (11/8/2022).

“Sebagian besar titik banjir sudah surut, saat ini tersisa di areal persawahan di Desa Adimulya saja. Sedangkan timbunan tanah yang menutup jalur kabupaten, sudah kita bersihkan menggunakan alat berat,” katanya kepada serayunews.com.

Sementara, kata dia, pembersihan material longsoran yang kemarin menimpa salah satu rumah di Desa Malabar juga telah dilaksanakan. Selain itu, masyarakat Desa Sidamulya secara swadaya juga telah membersihkan material sisa banjir yang merendam 110 rumah di wilayah tersebut.

“Untuk banjir memang sudah surut sejak semalam, warga hari ini sedang membersihkan lumpur bekas banjir. Kalau untuk tanggul jebol sedang ada perbaikan dengan bantalan karung,” jelasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini