Minggu, 5 Februari 2023

Berdayakan Potensi Masyarakat, Polisi Pastikan Jelang Perayaan Natal dan Tahun Baru di Cilacap Kondusif

Kasat Binmas Polresta Cilacap AKP Setyo Nugroho saat memberikan arahan kepada potensi masyarakat mitra Polri di Cilacap, Desember 2022. (Dok Satbinmas Polresta Cilacap)

Jajaran Kepolisian Resor Kota Cilacap melalui Satuan Pembinaan Masyarakat (Satbinmas), mengoptimalkan peran pemberdayaan potensi masyarakat binaannya. Hal itu untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di Kabupaten Cilacap kondusif, terlebih jelang Natal dan tahun baru.


Cilacap, serayunews.com

Plt Kapolresta Cilacap AKBP Eko Widiantoro melalui Kasat Binmas AKP Setyo Nugroho mengatakan, berbagai kegiatan preemtif telah pihaknya lakukan hingga mendekati akhir tahun 2022 ini. Menurutnya, sepajang tahun ini, secara umum situasi kamtibmas di wilayah Cilacap kondusif.

“Kegiatan dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif antara lain memberikan asistensi terhadap Bhabinkamtibmas kami di jajaran untuk lebih dekat di masyarakat. Kemudian bisa mencegah dan menangkal setiap potensi gangguan yang bisa muncul,” ujar AKP Setyo Nugroho, Senin (5/12/2022).

Selain itu, pihaknya juga melaksanakan kegiatan yang sifatnya pembinaan, penyuluhan, sambang, dan sebagainya. Selain itu terus menjalin komunikasi dengan berbagai komunitas.

“Kita jalin komunikasi dengan komunitas yang ada di Cilacap baik organisasi keagamaan, organisasi kemasyarakatan, tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan sebagainya,” tuturnya.

Untuk menjalin komunikasi tersebut, Setyo mengemas dengan berbagai kegiatan antara lain, dengan kegiatan silaturahmi kamtibmas, bincang kamtibmas, dan seruan eling kamtibmas (serulingmas) dengan memanfaatkan sarana media sosial dan media massa.

“Kegiatan tersebut juga melibatkan berbagai unsur masyarakat seperti Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), kita kemas agar menjelang Natal dan tahun baru. Harapannya seluruh potensi masyarakat ini, dapat membantu Polri mencipatakan situasi kamtibmas yang kondusif,” ujarnya.

Meski belum menyasar seluruhnya, namun sejumlah kegiatan dengan melibatkan berbagai komunitas juga sudah digelar, seperti melibatkan komunitas ojek online (ojol), relawan anti narkoba dan perguruan silat PSHT cabang Cilacap. Serta menjalin komunikasi dengan potensi masyarakat binaan Polri.

“Pokdar Kamtibmas, Senkom Mitra Polri, Banser, Kokam, dan relawan lain sudah terkomunikasikan. Kita sudah bersepakat semua potensi masyarakat yang sudah terbina oleh kami semuanya bersepakat mencipatakan situasi kamtibmas pada saat Natal dan tahun baru,” ujarnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini