Bermula dari Pasang Tabung Gas, Kakek di Wanayasa Alami Luka Bakar

Bermula dari Pasang Tabung Gas, Kakek di Wanayasa Alami Luka Bakar

Bagikan:
kebakaran di wanayasa
Petugas melakukan pendinginan setelah adanya kebakaran pada rumah warga yang ada di Desa Jatilawang, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara, Rabu (7/2/2024). Dalam kebakaran di Wanayasa tersebut satu penghuni rumah mengalami luka bakar. (dok Pos Damkar Karangkobar)

SERAYUNEWS– Kebakaran terjadi pada bagian rumah di Desa Jatilawang RT 01 RW 02 Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara, Rabu (7/2/2024) jelang siang. Selain bagian rumah yang terbakar, kebakaran itu membuat seorang kakek penghuni rumah alami luka bakar 60 persen.

Riza Pangestu, salah satu petugas pemadaman menjelaskan kronologi musibah itu terjadi. Dia mengatakan, Mbah Rahmani penghuni rumah tersebut tidak biasa memasang tabung gas. Lalu, pada pukul 11.05 WIB, Mbah Rahmani berinisiayif memasang tabung gas.

“Ketika memasang ternyata terjadi kebocoran di antara selang dan regulator. Kebocorannya  lumayan  besar. Tidak jauh dari kompor ada pawon yang masih ada Baranya sehingga menyambar selang gas yang terjadi kebocoran  dan menimbulkan kebakaran,” katanya.

Dia mengatakan, Mbah Rahmani yang panik berusaha memadamkan dengan menyiram menggunakan gayung berisi air. Namun, kebocoran tambah besar dan  menyemburkan api dan mengenai Mbah Rahmani.

Akibat dari kebarakan itu Mbah Rahmani mengalami luka bagian muka, lengan kanan kiri dan kaki kanan kiri sekitar 60%. “Korban dibawa langsung ke puskesmas dan setelah dilakukan pertolongan pertama akhirnya dirujuk ke RSUD Banjarnegara untuk perawatan lebih lanjut,” katanya.

korban kebakaran
Korban kebakaran di Desa Jatilawang, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Banjarnegara dirujuk ke RSUD Banjarnegara. Kebakaran terjadi bermula dari bocornya tabung gas. (dok Pos Damkar Banjarnegara)
Kerugian Kisaran Rp10 Juta

Atas kejadian itu, Pos Pemadam Kebakaran Karangkobar menuju lokasi. Tim Damkar melakukan  pendinginan karena masih terdapat bara yang menyala. Akibat kebakaran itu bagian dapur dan belakang rumah Mbah Rahmani terbakar dengan kerugian kisaran Rp10 juta.

Selain melakukan penanganan kebakaran, personel Damkar juga membantu penanganan korban. Personel Damkar membantu mengevakuasi korban untuk dirujuk ke RSUD Banjarnegara.

Dalam penanganan kebakaran dan korban kebakaran, beberapa pihak terlibat. Pihak-pihak tersebut adalah Pos Damkar Karangkobar, Puskesmas Wanayasa 2, Pemdes Jatilawang, dan warga masyarakat.


© 2016 Serayu News