Jumat, 9 Desember 2022

Besok Menhub Bertemu Enam Bupati di Bandara Soedirman Purbalingga, Ini yang Dibahas

Presiden Jokowi, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Menhub Budi Karya Sumadi dan Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat meninjau pembangunan Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) Purbalingga, Jumat (11/6/2021). (Joko Santoso/Serayunews)

Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RI) Budi Karya Sumadi akan mengadakan kunjungan kerja ke Bandara Jenderal Besar Soedirman, Purbalingga, Jumat (30/9/2022). Dalam kesempatan tersebut Menhub akan bertemu enam bupati di wilayah sekitar bandara, untuk membahas bagaimana pengembangan bandara tersebut.


Purbalingga, serayunews.com

“Betul rencana besok siang pak Menhub akan mengadakan kunjungan ke Bandara Soedirman Purbalingga. Ini terkait rencana pengembangan Bandara kedepan setelah dibangun. Menhub akan bertemu dengan enam bupati guna membahas persoalan ini,” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi), Kamis (29/9/2022).

Bupati Tiwi menyampaikan enam bupati yang diundang rapat bersama Menhub selain dirinya juga lima bupati, masing-masing bupati Banyumas, Banjarnegara, Pemalang, Wonosobo, dan Kebumen. Selain itu juga Direktur Angkasa Pura (AP) II dan tiga pimpinan maskapai penerbangan juga dihadirkan.

“Masing-masing Dirut Citilink, Dirut Wings Air dan Dirut Lions Air,” terangnya.

Acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan kunjungan Menhub ke Jatim, Jabar dan Jatim. Agendanya terkait pengembangan bandara yang ada di wilayah tersebut. Tiwi menambahkan diharapkan dalam pertemuan dengan enam bupati dan sejumlah pimpinan maskapai tersebut bisa dicari solusi yang tepat untuk bagaimana meramaikan Bandara Soedirman.

“Menhub tentu akan meminta komitmen dari enam bupati. Karena sebenarnya keberadaan bandara sangat penting terutama untuk mendukung pengembangan perekonomian di wilayah Jateng Barat Selatan,” katanya lagi.

Seperti diketahui Bandara Jenderal Besar Soedirman (BJBS) yang ada di Desa Wirasaba Kecamatan Bukateja Purbalingga mulai difungsikan pada awal Juni tahun 2021. Namun karena adanya pandemi Covid-19 membuat aktivitas di bandara yang berada di Lapangan Udara (Lanud) TNI AU tersebut tersendat. Padahal presiden Jokowi saat memantau pembangunan bandara tersebut menyampaikan bahwa BJBS diharapkan bisa mendukung perkembangan perekonomian di wilayah itu.

Berita Terpopuler

Berita Terkini