Rabu, 28 September 2022

Binda Jateng Blusukan ke Purbalingga Sukseskan Vaksinasi

Sejumlah anak mengikuti vaksinasi oleh Binda Jateng di wilayah Bobotsari Kabupaten Purbalingga, Kamis (13/01/2022) siang. (Foto: Amin Wahyudi)

Badan Intelejen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah kembali blusukan melaksanakan vaksinasi. Secara serentak dilaksanakan di delapan Kabupaten, satu di antaranya Kabupaten Purbalingga. Sasaran prioritas adalah anak-anak usia 6-11 tahun dan lansia.


Purbalingga, serayunews.com

Kabinda Jateng Brigjen TNI Sondi Siswanto menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi serentak pada beberapa kabupaten di Jateng. Masing-masing Kabupaten Purbalingga, Kendal, Boyolali, Pekalongan, Kota Tegal, Wonosobo, Magelang, dan Banyumas.

“Ini dilaksanakan serentak di delapan wilayah, salah satunya Purbalingga. Di Purbalingga tersebar di beberapa titik, di Desa Dagan, Palumbungan, dan Tlagayasa,” katanya, Kamis siang.

Vaksinasi kali ini menyediakan 9000 ribu dosis vaksin. Pelajar vaksin yang digunakan jenis sinovac, dan untuk lansia menyesuaikan yang ada di Puskesmas setempat. Sejumlah 373 nakes pihaknya terjunkan untuk pelaksanaan vaksinasi ini.

“Kita bantu percepatan capaian vaksinasi, agar lebih cepat tercipta herd immunity masyarakat,” ujarnya.

Metode door to door atau jemput bola, menurut Sondi, merupakan cara yang efektif untuk menyisir warga di wilayah agar memperoleh vaksin. Nakes dari Binda Jateng didampingi perangkat desa setempat langsung mendatangi kediaman warga untuk divaksin di rumah-rumah terutama untuk lansia dan difabel.

Adanya vaksinasi door to door sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat karena warga yang memiliki keterbatasan ke sentra vaksinasi dapat mendapatkan vaksin terutama kelompok lansia yang capaian vaksinasinya baru mencapai 64,92 persen.

Dia berpesan, bagi masyarakat dan pelajar setelah mendapatkan vaksin diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan. Adanya kegiatan vaksinasi ini, kami berharap kekebalan komunal dapat segera terbentuk, dan aktivitas ekonomi dapat kembali seperti sediakala.

“Penyelenggara berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan vaksinasi masal yang diselenggarakan Binda Jateng,” kata dia.

Belum lama ini Binda Jateng juga telah melaksanakan vaksin booster, di semarang dan tiga kabupaten lain. Kedepannya, pihaknya akan melaksanakan kembali di wilayah lainnya.

“Semua kegiatan ini merupakan bentuk mendukung suksesnya program pemerintah,” kata dia.

Berita Terpopuler

Berita Terkini