Senin, 18 Oktober 2021

Bulan Dana PMI Banjarnegara Tahun 2021 Ditarget Rp 804 Juta

PMI Banjarnegara. (Dok istimewa)

Penghimpunan dana kemanusiaan atau bulan dana PMI Kabupaten Banjarnegara tahun 2021 ini dipatok mencapai Rp 804 juta. Target tersebut disampaikan dalam pencanangan bulan dana PMI Kabupaten Banjarnegara tahun 2021, Selasa (12/10/2021).


Banjarnegara, serayunews.com

Target pencapaian bulan dana PMI tahun ini mengacu dari pendapatan bulan dana PMI tahun 2019 yang mencapai Rp 998 juta. Angka tersebut jauh berbeda dengan bulan dana PMI tahun 2020 yang hanya menyasar sektor pegawai dengan berhasil mengumpulkan Rp 218 juta.

Ketua panitia bulan dana PMI Banjarnegara Indarto mengatakan, pada tahun 2020 lalu, bulan dana PMI hanya menyasar sektor pegawai karena masa pandemi.

Menurutnya, untuk tahun ini pengumpulan dana dilakukan selama 3 bulan terhitung sejak 1 September hingga 30 Nopember 2021. Namun apabila target belum terpenuhi sampai batas waktu yang ditentukan, maka akan diperpanjang hingga satu bulan.
Target bulan dana yang dicanangkan bersumber dari beberapa sektor, seperti sektor penduduk ditarget mendapatkan Rp 75 juta, sektor pelajar Rp 325 juta, sektor pelayanan jasa Rp 60 juta, sektor pegawai Rp 200 juta, industri dan koperasi Rp 17 juta, kesehatan Rp 55 juta, perbankan Rp 27 juta, serta jasa konstruksi dan pengadaan barang, jasa penerintah sebesar Rp 45 juta.

“Bulan dana PMI ini merupakan satu upaya untuk meningkatkan kesetiakawanan sosial masyarakat. Penggalangan dana ini juga bagian dari upaya meringankan penderitaan sesama, membantu korban bencana, pelayanan kesehatan, hingga pembinaan dan kegiatan program PMI satu tahun ke depan,” ujarnya.

Sementara itu Plh Bupati Banjarnegara Syamsudin mengatakan, sepak terjang dan peran serta kiprah PMI sudah tidak diragukan dan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Bahkan PMI selalu siaga 24 jam melayani masyarakat dan membantu pemerintah dalam pelayanan sosial kemanusiaan.

“Semoga masyarakat semakin memahami dan menyadari manfaat bulan dana PMI ini. Keberadaan PMI sendiri merupakan satu amanat Undang-undang No 1 tahun 2018 tentang organisasi sosial yang membantu pemerintah dalam bidang sosial kemanusiaan,” katanya.

Dalam melaksanakan tugas pokok sesuai azas dan tujuan PMI yang bertujuan meringankan penderitaan sesama manusia tanpa membedakan agama, suku, bangsa, dan pandangan politik. Di sisi lain, tugas utama PMI dalam penanggulangan bencana alam dan kesiapsiagaan atau mitigasi sangat perlu ditingkatkan. Selain itu ada juga tugas lain yakni pelayanan darah aman bagi masyarakat dan pembinaan generasi muda.

Berita Terkait

Berita Terkini