Rabu, 19 Januari 2022

Bumi Perkemahan Munjulluhur Tak Lagi Dikelola Dinporapar Purbalingga

Setah terima pengelola Bumi perkemahan (Bumper) Munjulluhur yang terletak di Desa Karangbanjar, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga. (Amin) 

Bumi perkemahan (Bumper) Munjulluhur yang terletak di Desa Karangbanjar, Kecamatan Bobotsari, Kabupaten Purbalingga kini telah beda pengelola. Sebelumnya tempat ini termasuk objek wisata (Obwis) di bawah naungan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Dinporapar) Kabupaten Purbalingga. Kini pengelolaan diserahkan ke Kwarcab Kabupaten Purbalingga.


Purbalingga, serayunews.com

Serah terima tersebut diungkapkan saat Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat menghadiri Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga, Rabu (05/01/2022).

Buper Munjulluhur resmi diserahkan pengelolaannya kepada Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Purbalingga. Hal ini berdasar pada Surat Keputusan Bupati Purbalingga Nomor: 556 Tahun 2021 tentang penggunaan barang milik daerah Kabupaten Purbalingga berupa bangunan Buper Munjulluhur.

Baca juga  Bendungan Randugunting di Blora Diresmikan Presiden Jokowi

“Dengan SK Bupati ini, secara resmi bahwa Buper Munjulluhur nantinya dioperasikan oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Purbalingga sebagai Pusat Kegiatan Kepramukaan, atau menjadi Puskepram. Semoga bisa mengelola buper dengan baik, dan saya akan mencabut Buper Munjulluhur dari status sebagai objek pendapatan asli daerah,” kata Tiwi yang juga Kamabicab Gerakan Pramuka Purbalingga.

Diketahui, Pada tahun 2019 Kwarcab Gerakan Pramuka Purbalingga harus melakukan Muscab karena ada posisi kepemimpinan yang meninggal dunia sehingga harus ada  perubahan kepemimpinan.

“Tiga tahun lalu saya pernah menjanjikan aset Buper Munjulluhur yang saat itu saya janjikan untuk bisa diserahkan kepada Kwarcab Gerakan Pramuka Purbalingga. Dan hari ini bisa terealisasi,” kata Tiwi.

Baca juga  Warga Minta Ada Bus Trans Banyumas, Jurusan Wangon-Banyumas, Ini Kata Dishub 

Selaku Kamabicab Gerakan Pramuka Tiwi berharap Muscab Gerakan Pramuka bisa berjalan dengan lancar dan sukses serta mampu  melahirkan gagasan-gagasan, pemikiran-pemikiran yang inovatif dalam rangka penyusunan rencana kerja lima tahun ke depan. Muscab diharapkan pula  melahirkan kepemimpinan dan kepengurusan Gerakan Pramuka yang mampu membawa kwarcab lebih maju, lebih solid dan lebih memberikan kontribusi kepada seluruh masyarakat yang ada di Purbalingga.

Tiwi berpesan, program kerja Pramuka lima tahun ke depan harus disesuaikan dengan kondisi keadaan termasuk program pemerintah dalam penanganan pandemi covid, dan pemulihan ekonomi masyarakat.

Baca juga  Ada 19 Kecamatan di Cilacap Diprediksi Bakal Diguyur Hujan Lebat, Waspadai Dampaknya

“Saya berharap Gerakan Pramuka bisa ikut memberikan dukungan dan sengkuyung dalam pemulihan ekonomi, dan Gerakan Pramuka ini sudah memiliki badan usaha, saya ingin agar scout entrepreneur bisa terus digaungkan ke depan, dan Gerakan Pramuka bisa menjadi contoh dan motivasi semangat bagi masyarakat untuk bangkit dan semangat berdaya saing untuk bagaimana di tengah pandemi yang belum usai mereka bisa terus berkarya, berbuat dan mereka bisa mandiri, “ katanya.

Diketahui, pada Muscab tersebut, terpilih Tri Gunawan Setyadi sebagai ketua Kwarcab masa jabatan 2022-2026.

Berita Terkait

Berita Terkini