Sabtu, 10 Desember 2022

Catat Tanggalnya, Ada Operasi Zebra Candi 2022 di Cilacap, Ini Sasaran Pelanggarannya

Flayer sosialisasi Operasi Zebra Candi 2022 pada Satuan Lalu Lintas Polres Cilacap. (Dokumentasi Sat Lantas Polres Cilacap)

Untuk meningkatkan kedisiplinan dan menindak pelanggar lalu lintas, Satuan Lalu Lintas Polres Cilacap akan menggelar Operasi Zebra Candi 2022. Operasi yang akan digelar selama dua pekan ini, akan mengoptimalkan penindakan tilang elaktronik atau ETLE (electronic traffic law enforcement).


Cilacap, serayunews.com

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cilacap AKP Muhammad Salman Farizi Putra mengatakan, di wilayah Kabupaten Cilacap, Operasi Zebra Candi 2022 akan dimulai pada tanggal 3-16 Oktober 2022 dengan menyasar sejumlah pelanggaran lalu lintas.

“Sasaran operasi seperti berboncengan lebih dari satu orang, berkendara melebihi batas kecepatan, pengendara di bawah umur, pengendara dalam pengaruh alkohol, berkendara melawan arus, tidak menggunakan helm SNI dan menggunakan ponsel saat berkendara,” ujar AKP M Salman, Jumat (30/9/2022).

Untuk penindakannya, dioptimalkan dengan tilang elek tronik (ETLE), baik pemantauan dari kamera statis di persimpangan jalan maupun secara mobile oleh petugas yang dibekali kamera dan terintegrasi dengan aplikasi penindakan elektronik Go-Sigap.

“Pelaksanaan kita gunakan melalui ETLE mobile, namun jika diperlukan kita lakukan penindakan manual, tapi tidak razia di tempat melainkan secara hunting,” tuturnya.

Operasi ini akan diberlakukan di seluruh wilayah Kabupaten Cilacap mulai Senin tanggal 3 Oktober 2022 besok. Selain penindakan penegakan hukum, dalam operasi ini juga dilakukan tindakan preventif dan preemtif.

“Tujuannya untuk menekan angka kecelakaan dan fatalitas kecelakaan lalu lintas, karena ini kita lebih bersifat ke mengingatkan, bahwa keselamatan dalam berkendara itu sangat penting,” tegasnya.

Berita Terpopuler

Berita Terkini