Sabtu, 18 September 2021

Covid-19 Melandai, Pelaku UMKM di Cilacap Mulai Tancap Gas

Suwaryan (berkemeja putih) saat acara pembukaan gelar potensi produk UMKM Cilacap. (Irfan)

Angka kasus Covid-19 di Cilacap menunjukkan tren yang baik. Maka, saat ini juga telah diberlakukan kelonggaran aktivitas di berbagai bidang, salah satunya sektor ekonomi. Untuk itu, para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang tergabung dalam Asosiasi UMKM Cilacap, mulai tancap gas untuk meningkatkan kembali penjualan mereka.


Cilacap, serayunews.com

Ketua Asosiasi UMKM Cilacap Suwaryan mengatakan, pihaknya saat ini tengah mempersiapkan berbagai upaya guna meningkatkan penjualan para pelaku UMKM yang selama ini menurun karena pandemi Covid-19. Apalagi selama PPKM berlangsung, pelaku UMKM merupakan salah satu yang paling terdampak dari adanya kebijakan itu.

“Alhamdulillah mulai landai Covidnya, kami sudah bersiap untuk membangkitkan iklim UMKM di Cilacap. Misalnya saat ini diselenggarakan pameran UMKM di Plasa Borobudur Cilacap,” katanya kepada serayunews.com, Selasa (14/9/2021).

Selain itu, ia melanjutkan, pihaknya juga tengah mempersiapakan pembentukan pengurus Asosiasi UMKM tingkat kecamatan, desa maupun kelurahan. Ini dilakukan agar konsep serta gagasan dari para pelaku usaha mikro ini, dapat tersalurkan dan terorganisir secara merata, sehingga target penjualan dan geliat UMKM di Cilacap akan berkembang secara cepat.

“Fokus kami adalah penjualan produk anggota, di mana mereka harus dapat merasakan hasil dari kerja kerasnya. Alhamdulillah pemerintah daerah selama ini juga selalu membantu dan memfasilitasi gagasan kami,” ujarnya.

Lebih dari itu, pihaknya juga akan memetakan potensi produk dari berbagai wilayah, yang nantinya akan ditetepkan sebagai produk lokal andalan wilayah masing-masing. Baik itu produk makanan, minuman, kerajinan maupun pakaian. Sehingga, diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat secara menyeluruh.

“Kami juga akan menambah produk yang dipasarkan di supermarket ataupun minimarket, selama ini sudah ada memang tapi belum maksimal. Apalagi di Cilacap ini banyak perusahaan besar, yang nantinya juga akan kami ajak kerjasama dalam membantu pengembangan UMKM,” jelasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini