Selasa, 6 Desember 2022

Donor Darah DPC PDI Perjuangan Banyumas Banjir Doorprize

Donor darah rutin di DPC PDI Perjuangan Banyumas dalam rangka hari pahlawan, Sabtu (12/11/2022). (Hermiana E.Effendi/Serayunews)

DPC PDI Perjuangan Banyumas, Sabtu (12/11/2022) menggelar donor darah yang rutin tiga kali dalam setahun. Bertempat di kantor DPC, donor darah kali ini selain menyediakan paket sembako bagi pendonor, juga tersedia puluhan doorprize.


Purwokerto, serayunews.com

Sebagai partai yang mempunyai komitmen besar terhadap kemanusiaan, sejak pandemi Covid-19, DPC PDI Perjuangan Banyumas menginisiasi untuk melakukan donor darah. Saat pandemi itu stok darah sangat minim. Dua tahun berlalu dan budaya donor darah tetap berjalan. Bahkan terjadwal rutin yaitu saat HUT PDI Perjuangan bulan Januari, hari lahir Pancasila 1 Juni dan hari Pahlawan di bulan November ini.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan, Arie Suprapto mengatakan, dalam setiap kali kegiatan donor, pendaftar rata-rata sampai 400 orang. Namun, tidak semua pendaftar lolos pemeriksaan kesehatan.

“Antusiasme masyarakat untuk donor darah cukup tinggi dan dalam kegiatan donor kita, pasti melebihi target,” kata Arie Suprapto yang juga ikut donor.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Banyumas, Arie Suprapto memberikan doorprize kepada salah satu pendonor yang beruntung. (Hermiana E.Effendi/Serayunews)

Sebagai bentuk apresiasi kepada para pendonor, DPC menyediakan paket sembako untuk semua peserta donor darah. DPC menyiapkan 300 lebih paket sembako. Selain itu, DPC juga menyediakan 25 doorprize yang bisa dibawa pulang langsung oleh pendonor yang beruntung. Doorprize tersebut berupa kompor gas, kipas angin, setrika, magic com, dan lainnya.

“Selesai donor, mereka diminta mengambil satu kertas undian dan jika beruntung bisa membawa pulang hadiah doorprize,” jelasnya.

Awalnya Takut

Salah satu pendonor yang beruntung mendapatkan doorprize, Alester mengatakan, ia baru kali ini donor di DPC PDI Perjuangan Banyumas dan beruntung mendapatkan doorprize magic com. Warga Kelurahan Berkoh, Kecamatan Purwokerto Selatan ini mengaku mempunyai phobia terhadap jarum suntik, sehingga beberapa kali keinginannya untuk donor gagal.

“Setelah sekian lama mencoba donor, baru kali ini saya berhasil, bisa sampai donor. Sebab, saya mempunyai riwayat phobia jarum suntik. Selain senang karena berhasil donor, juga mendapat bonus doorprize di PDI Perjuangan Banyumas,” tuturnya.

Pendonor lainnya yang mendapatkan doorprize, Dani warga Sumampir mengatakan, donor di DPC PDI Perjuangan sangat nyaman. Tidak perlu mengantre lama dan tersedia tempat yang representatif selama menunggu giliran. Panitia juga menyediakan snack serta minuman dan pulang masih mendapatkan paket sembako.

“Tempat tidur untuk pengambilan darah banyak, sehingga kita tidak perlu mengantre lama dan pulang masih dapat doorprize serta sembako,” katanya.

Kegiatan rutin donor darah DPC PDI Perjuangan Banyumas ini mengantarkan partai tersebut sebagai penyumbang donor terbanyak dan tahun 2021 lalu, DPC mendapat penghargaan dari PMI Banyumas.

Berita Terpopuler

Berita Terkini