BerandaPurbalinggaDuh, Saluran Air di Bundaran Terminal Purbalingga Dipenuhi Sampah Plastik

Duh, Saluran Air di Bundaran Terminal Purbalingga Dipenuhi Sampah Plastik

Petugas BPBD Purbalingga membersihkan timbunan sampah yang menumpuk di saluran air di kawasan terminal Purbalingga, Kamis (8/9/2022). (BPBD Purbalingga)

Saluran air di kawasan bundaran Terminal Purbalingga ternyata penuh sampah plastik. Timbunan sampah plastik itu menjadi penyebab terjadinya banjir di kawasan tersebut. Hal itu diketahui setelah petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan pengecekan di kawasan tersebut, Kamis (8/9/2022).


Purbalingga, serayunrews.com

“Petugas kami melakukan kerja bakti pembersihan gorong-gorong di kawasan bundaran Terminal Purbalingga. Ternyata gorong-gorong ini tersumbat sampah, sehingga menyebabkan terjadinya banjir di kawasan ini saat hujan deras terjadi. Rabu (7/9/2022) sore,” kata Pelaksana Harian BPBD Purbalingga, Omar Fauzi.

Sebagian besar sampah yang merupakan sampah plastik serta daun dan ranting dikeluarkan dari gorong-gorong. Proses pembersihan masih terus berlangsung. Tujuannya agar saluran air bisa bersih, sehingga saat hujan air tidak meluap ke jalan.

Potret sampah banyaknya plastik saluran air kawasan bundaran Terminal Purbalingga, Kamis (8/9/2022). (BPBD Purbalingga)

“Kami juga akan melakukan pengecekan ke saluran air yang lain. Pasalnnya hujan sudah mulai turun,” katanya lagi.

Seperti diketahui hujan deras yang mengguyur kawasan Purbalingga membuat terjadinya luapan air di sejumlah ruas jalan raya. Di antaranya di jalan Ahmad Yani dan Mayjen Sungkono di sekitar terminal Purbalingga. Banjir yang menutupi jalan raya menyebabkan arus lalu-lintas terhambat.

Terkait