Jumat, 12 Agustus 2022

Dukung Ketahanan Pangan, Kodim Cilacap Siapkan Lahan Dua Hektar untuk Tanam Jagung

Anggota TNI AD dan warga saat mempersiapkan lahan untuk tanam jagung (Pendim Cilacap)

Kodim 0703 Cilacap akan menanam jagung di lahan seluas dua hektar milik TNI AD Kodam IV Diponegoro di Cipari Cilacap. Langkah tersebut sebagai upaya mendukung ketahanan pangan. Penanaman jagung pada lahan yang dalam persiapan itu rencananya akan mulai pada Agustus mendatang.


Cilacap, serayunews.com

Dandim 0703 Cilacap Letkol Inf Andi Afandi melalui Pasiter Kapten Inf Saidin memberikan penjelasannya. Ia mengatakan, lahan milik TNI AD tengah dalam persiapan. Lahan bertempat di Desa Caruy Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap.

Baca juga  Diduga Dampak Proyek, Pipa BBM Rembes di Dusun Lengkong Jeruklegi

“Saat ini kita sedang menyiapkan lahan dalam rangka mendukung program ketahanan pangan nasional. Rencananya di lahan seluas dua hektar ini akan ada penanaman jagung hibrida dan pelaksanaannya akan mulai tanggal 1 Agustus 2022 mendatang,” kata Pasiter Kapten Inf Saidin, Sabtu (23/7/2022).

Lebih lanjut Pasiter mengatakan, dalam pengolahan tanah untuk penanaman jagung ini, selain oleh anggota TNI juga dengan pemanfaatan masyarakat petani sebagai penggarap.

Dalam persiapannya, TNI bersama warga turut membersihkan rumput dan mengolah tanah dengan mempersiap saluran drainasenya. Sehingga sebelum penanaman, lahan sudah siap dan harapannya bisa menghasilkan tanaman jagung yang berkualiatas.

Baca juga  Hadiri Perayaan HUT ke 44, Bupati Cilacap Dorong AMPI Terus Berkreasi

“Adapun terkait kondisi tanah, di lahan milik TNI AD ini dapat ditanami jagung. Harapannya nantinya jagung dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan hasil yang baik. Namun demikian, perlu pengolahan secara baik serta aerasi dan drainase yang baik pula sehingga baik untuk pertumbuhan tanaman jagung, nantinya,” ujarnya.

Berita Terkait

Berita Terkini