Selasa, 24 Mei 2022

Erna Husein: Perempuan PGRI Harus Miliki Peran Strategis

Ketua Tim Penggerak PKK Banyumas, Erna Husein saat menjadi narasumber pada seminar di Gedung PGRI Banyumas Jumat (28/1/2022).(Foto : Dok Humas Pemkab)

Perempuan harus mengambil peran strategis dalam berbagai bidang, termasuk dalam pembangunan sumber daya manusia, menyiapkan generasi masa depan yang berkualiatas.Terlebih di era milenial sekarang ini, perempuan mempunyai peran ganda yang harus didukung dengan bekal pengetahuan.


Purwokerto, Serayunews.com

Hal tersebut disampaikan Ketua Tim PKK Kabupaten Banyumas, Ny Erna Husein saat menjadi narasumber dalam seminar peningkatan peran perempuan di era milenial yang digelar oleh Seksi Bidang Perempuan PGRI Kabupaten Banyumas di Gedung Guru PGRI Kabupaten Banyumas, Sokaraja, Jumat (28/1/2022).

Baca juga  Menteri Kelautan dan Perikananan Tinjau Lokasi Kapal Terbakar di Cilacap

“Perempuan sekarang ini tidak lagi menjadi golongan kedua, tetapi justru menjadi aktor utama dalam pembangunan SDM,” katanya.

Seiring dengan tuntutan peran tersebut, maka perempuan sudah seharusnya meningkatkan pengetahuan serta keterampilan dalam transformasi teknologi informasi. Kaum ibu, terlebih yang tergabung dalam PGRI, harus menguasai teknologi informasi dan terus mengupdate pengetahuan yang dimilikinya.

“Kaum perempuan memiliki dua peran, yaitu domestik dan publik, keduanya memiliki keseimbangan dalam emansipasi perempuan. Peran domestik berkaitan dengan kepiawaian mengurus rumah tangga, sementara peran publik tentang kiprahnya pada dunia karir, sehingga diperlukan pengetahuan yang baik untuk bisa menjalankan kedua peran tersebut,” jelas Bunda Literasi Kabupaten Banyumas ini.

Baca juga  Bantu Mengatasi Kemiskinan, Bupati Purbalingga Ajak ASN untuk Segera Berzakat

Pada kesempatan tersebut, Erna juga meminta agar kaum perempuan turut berperan di masa pandemi Covid-19, dengan turut aktif mengkampanyekan penerapan protokol kesehatan. Terlebih sekarang muncul varian baru, yaitu omicron yang penularannya sangat cepat.

“Pada semua situasi dan kondisi, peran perempuan dibutuhkan, termasuk di masa pandemi ini. Karena Covid-19 belum selesai dan kita sebagai ibu, harus membentengi keluarga serta lingkungan sekitar dengan selalu menerapkan prokes,” pungkasnya.

Berita Terkait

Berita Terkini